Apple Selalu Bikin Kejutan

Apple iPhone Face ID
Sumber :
  • Techfire

VIVA – Raksasa teknologi Amerika Serikat (AS), Apple, selalu memberi kejutan setiap tahunnya. Tahun ini, perusahaan yang didirikan Steve Jobs itu resmi meluncurkan sistem operasi iOS 15 untuk iPhone dalam Konferensi Pengembang Seluruh Dunia atau Worldwide Developers Conference (WWDC).

South Korea Bans Its Soldiers to Use iPhone

Tidak hanya iOS 15, Apple juga melakukan perombakan besar-besaran pada FaceTime, desain baru untuk iMessage, serta kemampuan untuk menyalin teks dari foto.

Baca: Lubang Hitam Berhasil Mengecoh Astronom

Apple Bagi-bagi Undangan

Menurut Wakil Presiden Senior Apple atas Perangkat Lunak, Craig Federighi, FaceTime adalah aplikasi pertama yang dipaparkan Apple akan mendapatkan sejumlah pembaruan. Perusahaan mendesain ulang aplikasi panggilan video ini dengan menyuguhkan opsi grid view dan portrait mode.

Soal audio saat melakukan panggilan FaceTime, Apple juga menawarkan fitur Spatial Audio yang mampu “meredam” suara yang tidak diinginkan sehingga tidak akan mengganggu obrolan di FaceTime. Apple juga memperkenalkan FaceTimelink yang memungkinan pengguna untuk mengajak teman mereka untuk berbincang-bincang.

Seluruh Personel AD, AL dan AU Dilarang Pakai iPhone, Bolehnya Samsung

Menariknya, fitur ini tidak hanya sebatas bagi pengguna perangkat Apple semata, pengguna Android dan Windows pun juga dapat ikutan join perbincangan di FaceTime dengan membuka link di browser mereka. Kemampuan FaceTime semakin menarik dan seru untuk berbagi dengan teman-teman lewat fitur SharePlay.

"Dengan ini, pengguna dapat berbagi layar untuk mendengarkan musik dan menonton film bersama saat FaceTime-ing. Fitur ini juga bisa digunakan untuk layanan Apple, dan sejumlah aplikasi pihak ketiga, di antaranya Disney+, hulu, HBOMax, TikTok," ungkap Federighi, seperti dikutip dari situs Express, Selasa, 8 Juni 2021.

Selanjutnya iMessage, di mana pada iOS 15, pengguna diperkenalkan cara baru berbagi konten, seperti gambar, musik, podcast, dan artikel di Apple News. Pengguna juga dapat menyematkan konten yang dibagikan ke laman depan dengan lebih mudah lagi.

Kemudian Photos. Menurut Federighi, Photos kini akan menampilkan fitur "Live Text,” yang memungkinkan pengguna untuk meng-highlight dan memilih teks di gambar. Live Text juga berfungsi di aplikasi lain, seperti Apple News.

Pada iOS 15, Photos juga akan ditampilkan dalam pencarian Spotlight dan lagu Apple Music yang terintegrasi ke dalam Photos. Memori yang tersimpan di Photos juga dapat disinkronkan dengan video dan gambar, dan dapat dikonfigurasi dengan berbagai lagu yang dipilih secara cerdas dari Apple Music.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya