iPhone 13 Mini Vs Zenfone 8, Adu Kuat Sesama Ponsel Mungil

Asus Zenfone 8.
Sumber :
  • GSM Arena

VIVA – Asus Zenfone 8 dan iPhone 13 Mini adalah flagship yang saat ini layak mendapat sorotan. ZenFone 8 dianggap sebagai salah satu flagship Android kompak terbaik di luar sana, sementara iPhone 13 Mini adalah ponsel high-end terkecil Apple untuk saat ini.

Apple Bagi-bagi Undangan

Kedua ponsel memiliki banyak perbedaan dalam berbagai hal. Tidak hanya desainnya yang sangat berbeda, tetapi juga saat digenggam tangan serta spesifikasi di bagian dalamnya. Jadi, mari kita bandingkan desain, tampilan, kinerja, masa pakai baterai, kamera, dan kinerja audio.

Desain

Perang OS VR, Mark Zuckerberg Bakal Geser visionOS Milik Apple dengan Meta Horizon

Baik iPhone 13 Mini dan ZenFone 8 keduanya terbuat dari logam dan kaca. Kedua bahan tersebut diimplementasikan dengan cara yang jauh berbeda. iPhone 13 Mini memiliki sisi datar di sekelilingnya dan bagian belakang kaca datar terpasang padanya.

Sedangkan, bagian belakang ZenFone 8 tidak rata sama sekali, dan bagian sampingnya jauh dari bentuk rata. Ponsel ini sebenarnya lebih dekat dengan desain kebanyakan smartphone saat ini.

Harga Diri Apple sedang Dipertaruhkan

Karena lekukannya, ZenFone 8 lebih nyaman untuk dipegang, meskipun iPhone 13 Mini juga tidak menjadi masalah dalam hal itu karena ukuran dan bobotnya yang ringan. iPhone 13 Mini jauh lebih ringan dari ZenFone 8, tepatnya 18 gram lebih ringan. Ini juga lebih pendek dan lebih tipis.

Kedua ponsel cukup licin. Kemungkinan ZenFone 8 akan lebih mudah terpeleset karena lekukannya. iPhone 13 Mini memiliki lekukan yang agak mencolok pada layarnya, sementara ZenFone 8 memiliki lubang kamera kecil di sudut kiri atas.

Tampilan

iPhone 13 Mini hadir dengan layar FullHD+ 5,4 inci (2340 x 1080) Super Retina XDR OLED. Itu adalah layar datar dengan kecepatan refresh 60Hz, yang mendukung konten HDR10. Ini juga memiliki dukungan Dolby Visions dan menjadi cukup cerah pada kecerahan puncak 1.200 nits.

Layarnya dilindungi oleh kaca keramik anti gores. Takik yang disertakan pada layar ini agak mencolok, digunakan untuk menampung pemindaian wajah (Face ID) Apple. Di sisi lain, ZenFone 8 hadir dengan layar Super AMOLED 5,9 inci fullHD+ (2400 x 1080).

Layar itu juga datar, tetapi menawarkan kecepatan refresh 120Hz, mendukung konten HDR10+ dan menjadi cukup terang pada kecerahan puncak 1.100 nits. Layar ini dilindungi oleh Gorilla Glass Victus.

Berbeda dengan iPhone 13 Mini, ZenFone 8 tidak menyertakan notch, melainkan lubang kamera kecil pada layar, seperti dikutip VIVA Tekno dari laman Android Headlines, Jumat, 29 Oktober 2021.

Performa

iPhone 13.

Photo :
  • Pixabay

Dalam hal kinerja, kedua smartphone ini tidak boleh diragukan. Mereka menawarkan kinerja yang sangat baik. Apple A15 Bionic di dalam iPhone 13 Mini adalah SoC yang benar-benar kuat. Hal yang sama juga dapat dikatakan untuk Snapdragon 888 di dalam ZenFone 8.

Kedua perusahaan juga melakukan pekerjaan yang hebat dalam hal perangkat lunak. iOS 15 dioptimalkan dengan baik untuk iPhone 13 Mini, dan ZenUI ASUS mampu beroperasi dengan baik bersama Android.

Mereka dapat menangani tugas sehari-hari tanpa masalah sama sekali. Anda dapat dengan mudah memberikan tekanan pada kedua ponsel dengan multitasking, pengeditan gambar, pengeditan video, penelusuran, penggunaan multimedia dan lain sebagainya.

Baterai

iPhone 13 Mini memiliki baterai 2.438mAh, sedangkan ZenFone 8 mengantongi 4.000mAh. iOS menangani baterai sedikit berbeda, itulah mengapa ada perbedaan besar antara paket baterai keduanya.

Selain itu, iPhone 13 Mini memang memiliki layar yang lebih kecil, dan panel 60Hz, sehingga mengurangi beban baterai. Karena itu, kedua ponsel menawarkan daya tahan baterai yang baik.

iPhone 12 Mini menawarkan daya tahan baterai yang buruk, sementara iPhone 13 Mini sedikit meningkatkannya. Pengguna bahkan bisa mendapatkan 5,5-6 jam screen-on-time dari ponsel ini. ZenFone 8 bisa melampauinya dan kemungkinan menawarkan 6,5-7 jam screen-on-time.

Dalam hal pengisian daya, kedua ponsel memang menawarkan pengisian cepat. iPhone 13 Mini hanya mendukung pengisian daya 20W. Tetapi karena baterainya yang cukup mungil, jadi seharusnya itu tidak menjadi masalah.

Ini juga mendukung pengisian daya MagSafe nirkabel 15W, dan pengisian nirkabel Qi 7,5W. Sedangkan ZenFone 8 menawarkan pengisian kabel 30W.

Kamera

Kedua ponsel menyertakan dua kamera di bagian belakang. iPhone 13 Mini mencakup dua unit 12MP di bagian belakang, unit wide dan ultrawide, dan kamera selfie 12MP.

ZenFone 8 memiliki kamera utama 64MP, kamera wide dan unit ultra wide 12MP. Di bagian depan ada kamera 12MP. Meskipun demikian, gambar yang diberikan kedua ponsel ini memang terlihat sangat berbeda.

ZenFone 8 melakukan pekerjaan yang sangat baik saat pencahayaan bagus. Gambar yang sedikit lebih keren dihasilkan iPhone 13 Mini karena mereka condong ke warna yang lebih dingin. Ponsel mampu melakukan pekerjaan yang sangat baik dalam cahaya rendah.

Audio

Kedua ponsel menyematkan speaker stereo, tapi ZenFone 8 lebih baik dalam hampir semua hal. Asus berhasil memasukkan speaker yang sangat menarik di dalam ponsel ini, terlepas dari ukurannya.

Speaker iPhone 13 Mini masih bagus, tetapi tidak dapat dibandingkan dengan apa yang ditawarkan ZenFone 8. Selain itu, ZenFone 8 juga memiliki jack headphone 3.5mm, sedangkan iPhone 13 Mini tidak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya