4 Aplikasi untuk Menemani Kamu Puasa

Kegiatan Bulan Puasa Ramadhan di Mesjid Istiqlal Jakarta Pusat.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Umat Muslim di dunia sedang menjalani ibadah puasa. Pemerintah Indonesia sudah mengumumkan bahwa hari pertama puasa jatuh pada Minggu, 3 April 2022.

5 Hal yang Wajib Dipersiapkan Jika Anda Akan Beribadah di Tanah Suci

Selain puasa ada banyak cara lainnya untuk bisa meraup pahala sebanyak-banyaknya, seperti tadarus Al-Quran, sedekah, dan lain-lain.

Di era digital seperti saat ini banyak platform yang bisa mendampingi pengguna dalam melakukan ibadah di Bulan Ramadhan. Berdasarkan data yang diolah VIVA Tekno, berikut aplikasi yang bisa menemani pengguna menjalankan ibadah puasa.

Rajin Menabung, Tukang Parkir di Jombang Akan Naik Haji Tahun Ini

Umma

Platform yang satu ini mempunyai fitur jadwal imsakiyah, jadwal waktu shalat, dan jadwal buka puasa. Ini juga bisa digunakan untuk user yang ingin membaca dan belajar Al-Quran.

Download Video TikTok Kualitas HD di Ssstiktok: Begini Caranya

Di sini pengguna juga bisa mendengar ceramah dari ustaz dalam format streaming serta fitur tanya-jawab mengenai gaya hidup dalam pandangan Islam.

Muslim Pro

Platform yang satu ini memiliki kemampuan untuk memberi notifikasi kepada pengguna jadwal ibadah yang disesuaikan dengan lokasi pengguna. Jadwal yang ada di sana meliputi jadwal salat, imsak, dan buka puasa.

Kemudian, Muslim Pro mempunyai fitur Al-Qur'an bertulisan Arab dengan fonetik, terjemahan, serta resitasi audio. Alat lainnya adalah petunjuk arah Kiblat, kalender Hijriah, serta peta untuk menemukan lokasi makanan halal dan masjid.

Athan Pro

Seperti dua aplikasi sebelumnya, Athan Pro memberi petunjuk jadwal imsak dan puasa, waktu salat lengkap serta baca Al-Qur'an untuk pengguna yang ingin melakukan tadarus.

Ruang Ngaji

Terakhir adalah aplikasi buatan J99 Foundation yang baru-baru ini dirilis. Pendiri J99 Corps Gilang Widya Pramana mengaku mengembangkan aplikasi selama satu tahun ini bisa dinikmati secara gratis oleh masyarakat.

Ruang Ngaji juga menyediakan fitur Al-Quran yang diisi oleh lantunan dari Taqy Malik. Aplikasi ini juga merekrut guru ngaji di daerah-daerah untuk mengisi kelas-kelas yang disediakan di platform.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya