Oppo Mau Bikin Chipset Sendiri Tahun Depan

Ponsel lipat Oppo Find N.
Sumber :
  • VIVA/Misrohatun Hasanah

VIVA – Oppo kabarnya sedang mengembangkan rancangan chipset besutannya sendiri untuk memenuhi kebutuhan perangkat pintarnya dan itu akan dimulai tahun depan.

HP Oppo dengan Standar Militer Segera Hadir di Indonesia

Melansir PhoneArena, Minggu, 10 April 2022, Oppo sebelumnya memenuhi kebutuhan chipset untuk perangkat pintarnya dengan bermitra dengan perusahaan lain seperti Qualcomm dan MediaTek, namun sepertinya dengan meningkatnya permintaan pasar pada produknya maka Oppo menyiapkan rancangan chipset buatan sendiri.

Oppo dikabarkan tengah merancang Image Signal Processor, NPU, serta memori khusus yang nantinya disebut dengan nama MariSilicon X.

5 Merek Ponsel 5G yang Laku Dibeli Konsumen Indonesia

Dilaporkan chipset itu dirancang memiliki performa 20 kali lebih cepat dibandingkan dengan ponsel pintarnya yang ditenagai oleh prosesor dari Qualcomm, yaitu Snapdragon 888.

Selain itu kabar lainnya dari ITHome China juga melaporkan anak usaha milik Oppo yaitu Shanghai Zheku juga tengah mengerjakan prosesor khusus bernama Application Processor yang dirancang sebagai chipset untuk ponsel pintar khusus untuk Oppo.

Oppo Kasih Kabar Baik

Rencananya Application Processor itu akan dibuat oleh TSMC menggunakan node proses 6nm dan mulai diproduksi pada 2023.

Selain itu, Oppo dirumorkan sudah menargetkan membuat chip yang hemat energi dan juga dirakit oleh TSMC menggunakan node proses 4nm di 2024.

Sebenarnya sudah cukup banyak perusahaan pembuat ponsel yang juga mengembangkan rancangan chipsetnya sendiri dan tidak bergantung pada perusahaan chipset.

Sebut saja Apple dengan chipset Bionic seri A miliknya, lalu ada juga Samsung yang dikabarkan tengah mengembangkan chipset baru selain Exynos yang juga sudah hadir di pasaran menjadi tenaga bagi beberapa seri ponsel buatannya.

Lalu, ada juga Google yang mengembangkan chipset rancangannya bernama Google Tensor untuk menjadi dapur pacu mumpuni bagi seri ponsel pintar terbarunya, yakni Pixel 6.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya