Jangan Buka 20 Aplikasi Ini saat Mudik, Baterai Ponsel Cepat Habis

Gerbang Tol Kalikangkung Saat Arus Mudik 2023.
Sumber :
  • Twitter

VIVA Tekno  – Hari Raya Idul Fitri identik dengan kegiatan mudik di mana banyak dari masyarakat yang merantau akan kembali ke kampung halaman untuk bertemu sanak keluarga.

Hailey Bieber Ungkap Sifat Asli Justin Bieber, Penggemar Merasa Lucu Sekaligus Khawatir

Mudik mulai masif dilakukan seiring dengan dimulainya hari libur. Ini juga ditandai dengan semakin ramainya tempat penyedia transportasi umum, mulai dari pelabuhan, stasiun hingga bandara.

Perjalanan mudik juga terkadang bisa memakan waktu yang sangat lama, bahkan berpotensi berhari-hari. Oleh sebab itu menjaga keutuhan baterai ponsel juga menjadi hal yang penting.

Ofero Perkenalkan Battery Lithium dan Kendaraan Listrik di Asia Bike 2024

Sebuah perangkat smartphone akan sangat dibutuhkan dalam perjalanan pulang kampung, misalnya saja untuk melihat peta digital, terhubung di media sosial atau perpesanan instan.

Namun menurut pCloud, yang dikutip pada Kamis, 20 April 2023, ada sejumlah aplikasi yang bisa menguras baterai HP. Jadi sebaiknya hindari terlalu lama membuka aplikasi yang dimaksud. Berikut adalah daftarnya.

4 Motor Listrik Baru Keeway Meluncur, Ada yang Harga Rp7 Jutaan

YouTube, Facebook, dan Instagram.

Photo :
  • 3DExport

1. Fitbit
2. Verizon
3. Uber
4. Skype
5. Facebook
6. Airbnb
7. Bigo Live
8. Instagram
9. Tinder
10. Bumble
11. Snapchat
12. WhatsApp
13. Zoom
14. YouTube
15. Booking.com
16. Amazon
17. Telegram
18. Grindr
19. Likke
20. LinkedIn

pCloud melakukan analisis dengan tiga hal, yakni fitur yang digunakan setiap aplikasi, seperti lokasi atau kamera, baterai yang digunakan aplikasi dan ketersediaan dark mode.

Hasilnya, aplikasi media sosial mendominasi 20 aplikasi teratas yang menguras baterai ponsel, ialah Facebook, Instagram, Snapchat, Youtube, WhatsApp, dan Linkedin.

pCloud menemukan 11 fitur tambahan yang beroperasi di latar belakang atau saat aplikasi tidak digunakan, termasuk foto, wifi, lokasi, dan mikrofon. Keseluruhannya memakan lebih banyak daya untuk bekerja dan pada akhirnya menyedot daya baterai lebih banyak.

Selain itu, dari enam aplikasi media sosial, hanya Instagram yang memungkinkan mode gelap, yang dapat menghemat hingga 30 persen lebih banyak masa pakai baterai di ponsel. Satu-satunya aplikasi media sosial lain yang mengizinkan fitur ini adalah Twitter.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya