TX100 S2, Server Ramah Lingkungan Fujitsu

Fujitsu Primergy TX100 S2
Sumber :
  • fujitsu

VIVAnews - Fujitsu baru saja memperkenalkan teknologi Zero-Watt yang diklaim mampu menekan konsumsi energi seminimal mungkin pada model server kelas pemula (entry level) terbarunya, yaitu Primergy TX100 S2.

Teknologi Zero-Watt pada Fujitsu Primergy TX100 S2 ini sama dengan fitur Zero-Watt PC. Melalui teknologi Zero-Watt, dalam kondisi non-aktif (mati) server Primergy TX100 S2 ini sama sekali tidak menghasilkan daya residu (0.0 Watt) seperti halnya server-server konvensional.

Hal itu mengurangi konsumsi daya dan pendinginan. Di samping itu, melindungi sistem dari serbuan peretas (hacker) sepanjang malam dan pada akhir pekan. Seperti server-server Fujitsu yang lain, TX100 S2 ini sudah lulus pengujian sekitar 5.000 kali siklus reboot, atau secara teoritis bisa dinyalakan dan dimatikan setiap hari selama lebih dari 13 tahun.

Kendati menggunakan nol Watt pada saat mati, manajemen server tetap bisa dilakukan karena pengguna dapat mengatur mati-nyala server secara otomatis untuk pemeliharaan dan pembaruan.

Server Primergy TX100 S2 yang harganya setara harga PC atau di bawah Rp10 juta, ditargetkan bagi usaha kecil dan menengah (UKM). Sistem server ini dirancang bagi UKM yang ingin meningkatkan produktivitas lingkungan kerjanya dengan cara mengonsolidasikan tugas-tugas TI seperti pencetakan jaringan, pengarsipan data, dan pengadaan drive dalam jaringan.

Primergy TX100 S2 juga diklaim Fujitsu menyediakan kemampuan server yang ramah lingkungan bagi infrastruktur TI, khususnya pada kantor-kantor kecil. Konsumsi daya selama beroperasi juga berkurang karena sistem ini memiliki daya tarik maksimal 250 Watt. Selain itu, komponen catu dayanya lebih efisien 88 persen yang memimpin di kelasnya.

"Namun, hanya segelintir perusahaan saja yang membutuhkan server beroperasi tanpa henti. Meski penghematan energi dari Primergy TX100 S2 tidak masif, kami bertekad menyediakan server yang hemat energi untuk mengurangi emisi gas rumah kaca," kata Kurnia Wahyudi, Country Manager Platform Products Fujitsu Indonesia, dalam keterangannya, Rabu 1 September 2010.

Server terbaru dari Fujitsu ini dilengkapi chipset Intel® 3420 dan prosesor seri Intel® Xeon® 3400. Produk mulai tersedia sejak awal Juli 2010. (art)

Mengenal Tradisi Hantaran di Indonesia, Simbol Rasa Syukur dan Kasih Sayang
Taspen.

Cara Taspen Perkuat Srikandi Jadi Penggerak Finansial

PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Taspen) menegaskan komitemnnya terus mengoptimalkan peran Srikandi jadi penggerak finansial.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024