Lumia 800, Kunci Keberlangsungan Nokia

Nokia Lumia 800
Sumber :
  • mashable.com

VIVAnews - Nokia pernah mendominasi penjualan ponsel, dalam berbagai tingkatan harga. Tapi saat ini Nokia terlihat kesulitan bersaing di pangsa pasar smartphone dengan Apple iPhone atau smartphone berbasis Android.

Karena itu Nokia berusaha bangkit dengan meluncurkan smartphone berbasis Windows 7,5 atau yang dikenal dengan sebutan Mango. Setelah bekerja sama dengan Microsoft, inilah smartphone pertama berbasis Windows Phone yang diluncurkan Nokia: Lumia 800.

Rencananya, Nokia akan meluncurkan Lumia 800 di Inggris dan sejumlah negara Eropa pada 16 November mendatang. Karena itu peluncuran Lumia 800 akan menjadi momentum bagi produsen ponsel asal Finlandia ini: untuk kembali sebagai pemenang atau pecundang.

"Nokia masih menghadapi tugas berat layaknya yang dilakukan Herkules (mitologi di Yunani-Romawi), untuk membangun kembali reputasi perusahaan di pasar smartphone. Saat ini pasar itu memang masih dikuasai Android-nya Google atau Apple, hingga jangka pendek beberapa waktu mendatang," demikian analisis yang dilakukan CCS Insight, seperti dikutip dari The Telegraph.

Microsoft memang jadi pembeda jelas Nokia saat ini dengan masa lalu. CEO Nokia Stephen Elop, yang merupakan mantan eksekutif di Microsoft, berharap Windows bisa menggantikan peran Symbian sebagai sistem operasi Nokia.

Nokia pun harus melakukan pemasaran secara kreatif untuk menarik minat konsumen dan calon pembeli. Apalagi pesaing mereka adalah Android dan Apple, yang memiliki barisan fans fanatik dan penggemar-sepenuh-hati-sampai-mati.

Sejumlah publikasi memang telah dilakukan dengan baik oleh Nokia. Dalam sejumlah review di laman teknologi, Lumia 800 pun disebut sebagai smartphone terbaik yang menggunakan sistem operasi Mango.

Tak hanya itu, seperti dikutip dari CNet, retailer Orange bahkan menawarkan gratis konsol game produksi Microsoft, XBox 360, sebagai bagian dari promosi penjualan Lumia 800. Semua promosi memang harus dilakukan Nokia yang memiliki slogan baru, yang menggantikan slogan "Connecting People": "The Amazing Everyday".

Sesuai ucapan Stephen Elop, Nokia memang terus menargetkan menjadi penghubung "miliaran (orang) lainnya". Ini berarti tak hanya menjadikan negara berkembang sebagai pangsa pasar, tapi juga negara maju. Saat ini, Nokia memang masih memiliki banyak pengguna yang mengaku tetap cinta dengan ponsel Nokia lamanya, dan tak peduli dengan menurunnya dominasi Nokia di penjualan ponsel.

Tentu ini menjadi tugas berat Elop, untuk menjadikan kerjasama Nokia dan Microsoft tetap disukai pengguna Nokia. Tentu Lumia 800 menjadi kunci penting keberlanjutan sukses Nokia.

Salurkan Gaji hingga THR PNS, Sri Mulyani Sudah Gelontorkan Rp 70,7 Triliun

Bagaimana hasilnya? Tentu menarik disimak dalam beberapa bulan ke depan, terutama bagi Anda yang juga pecinta Nokia, dan mengharapkan Lumia segera masuk ke Indonesia. (eh)

Baca Juga: Lumia 800, Windows Phone Pertama dari Nokia

Penyewaan Kendaraan Listrik Laris Manis, Laba Bersih TBS Energi Utama 2023 Naik 77,8 Persen
Brandon Salim dan Dhika Himawan

Effort Banget, Begini Proses Lamaran Brandon Salim dan Dhika Himawan yang Penuh Kejutan

Proses kejutan untuk melamar Dhika Himawan cukup panjang, pertama-tama, Brandon Salim meminta restu pada orang tua Dhika Himawan pada 29 Februari 2024

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024