Waspada! NSA Tanamkan Program Mata-mata di Hard Drive

Seagate Wireless Plus
Sumber :

VIVA.co.id - Badan Keamanan Nasional AS (NSA) memang getol dalam operasi penyadapan. Badan intelijen itu menggunakan berbagai platform untuk melancarkan operasi mereka.

Belakangan NSA memang lebih cerdik dari yang dipikirkan sebelumnya. NSA tak hanya memata-matai pengguna melalui platform digital saja. Badan pemerintah AS itu diketahui juga menanamkan perangkat lunak mata-mata pada hard drive pengguna.

Melansir Engadget, Selasa 17 Februari 2015, temuan ini diungkapkan ahli keamanan dari Laboratorium Kaspersky. Peneliti menemukan ada jejak software mata-mata yang ditanamkan pada hard drive merek Seagate, Toshiba, dan Western Digital.

Kspersky memang tidak menyebutkan pelaku secara terang, namun perusahaan keamanan itu tegas menuding pemerintah AS berada di balik modus tersebut.

Disebutkan saat program mata-mata bekerja begitu mendapatkan kode dan kemudian bisa mengumpulkan data dan peta jaringan. Malware mata-mata disebutkan juga sangat memiliki kemampuan tinggi, pengguna sudah menyingkirkan ataupun mendeteksinya.

Teknik mata-mata tersebut diperkirakan mirip dengan praktik pengawasan yang telah menyasar sejumlah negara target AS seperti Tiongkok, Iran, Pakistan dan Rusia. Terkait dengan temuan ini, NSA enggan berkomentar.

Erick Thohir : Satu Game Lagi Sudah Kunci ke Olimpiade, Kalau Dua Game Kita Juaranya

Baca juga:



Sri Mulyani Ungkap Pembangunan IKN Sudah Sedot APBN Rp 4,3 Triliun
Pembalap Pramac Racing, Jorge Martin

Siap Tinggalkan Ducati, Pramac Racing Mulai Negosiasi dengan Yamaha

Pramac Racing habis masa kontraknya sebagai tim satelit Ducati di akhir musim MotoGP 2024. Kabarnya, mereka siap tinggalkan Ducati dan bakal gabung Yamaha di musim depan.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024