Alexa Hadir di PC Windows, Bagaimana Nasib Cortana

Ilustrasi Alexa dan Cortana
Sumber :
  • www.blog.microsoft.com

VIVA – Ajang pameran tahunan Consumer Electronics Show atau CES kembali digelar. Pada edisi 2018, Amazon mengumumkan asisten digital mereka, Alexa, hadir pada beberapa PC berbasis Windows. Kehadiran Alexa ini menantang sistem asisten digital asli pada Windows, Cortana. 

Kabar Gembira untuk Telkomsel Veronika

Dikutip dari PC World, Selasa 9 Januari 2018, Amazon menghadirkan Alexa pada notebook Spin, Switch dan Swift (Acer). Asisten digital Amazon itu juga bakal hadir di Acer Aspire all in one PC pada kuartal pertama 2018.

Untuk pC keluaran Asus, Alexa hadir pada beberapa produk yaitu Zenbook dan VivoBook. Sedangkan untuk PC besutan HP, Alexa akan hadir di desktop Pavilion Wave. 

Apple Bunuh Frasa 'Hey Siri'

"Akses tanpa tangan Alexa pada PC bisa membantu pengguna dalam banyak cara. Misalnya Alexa menyederhanakan interaksi dengan smart home milik Anda, mengakses berita atau cuaca, mengatur waktu dan lainnya," jelas Wakil Presiden Amazon Alexa, Stave Rabucin dalam pengumumannya. 

Kehadiran Alexa di PC berbasis Windows ini dipandang sebagai sebuah lompatan besar yang membuat asisten digital Amazon makin dekat dengan pengguna. 

Frasa 'Hey Siri' akan Dipersingkat Jadi 'Siri'

Asus menyambut hadirnya Alexa itu dengan senang. Presiden Asus Amerika Utara, Stave Chang menuturkan, kombinasi Alexa dengan PC Asus akan memungkinkan pengguna makin mendapatkan pilihan akses. 

"Jadi dengan Alexa, pengguna bisa menyelesaikan berbagai tugas yang sebelumnya dirasa rumit, dan itu dilakukan hanya dengan berbicara saja," jelas Chang. 

Asus mengatakan, meski perangkat Windows besutannya menyediakan Cortana, namun Alexa hadir dengan menawarkan pengalaman interaksi asisten digital yang lebih natural. 

Nasib Cortana memang dipandang tidak akan lenyap dengan hadirnya Alexa. Dikutip dari ZDnet, Cortana nantinya kemungkinan akan lebih menjadi teknologi pendukung back-end yang berjalan bersama dengan perangkat alat kecerdasan buatan. 

Pengamat teknologi, Mary Jo Foley berpandangan, Microsoft sedang berupaya menegaskan posisi Cortana dalam beberapa bulan terakhir ini. Awalnya, Cortana dihadirkan pendukung front-end pencarian Bing. 

"Dengan melakukan ini, Microsoft tidak memperjelas Cortana merupakan bagian kunci rencana Microsoft," jelasnya.    

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya