Kabar Gembira untuk Telkomsel Veronika

Telkomsel Veronika.
Sumber :
  • Dok. Telkomsel

VIVA Tekno – "Telkomsel Veronika. Anda terhubung dengan nomor..." Itu adalah suara dari asisten virtual ketika si penelepon tidak terhubung dengan seseorang yang dituju. Kemampuan Veronika kian ditingkatkan agar pelanggan merasa dekat dengannya.

eSIM Bagian dari Mengurangi Jejak Karbon

Tidak main-main, Veronika kini menjadi lebih mahir dan alami dalam menjawab pertanyaan pelanggan seputar Telkomsel dan IndiHome.

Salah satu contoh perbaikan untuk Veronika adalah chatbot ini diberikan kemampuan emosi sehingga ketika pelanggan mengutarakan kendala, ia bisa memberikan respons yang menunjukkan rasa simpati.

58 Persen Penduduk Indonesia jadi Pelanggan Telkomsel

Kali ini, Telkomsel meningkatkan kapabilitas Veronika dengan mengintegrasikan Microsoft Azure OpenAI Service. Azure OpenAI Service memungkinkan Telkomsel untuk mengakses ChatGPT dan memanfaatkan Natural Language Processing (NLP) serta machine learning.

Pemutakhiran Veronika dapat dinikmati di layanan Aplikasi MyTelkomsel. Kemampuan Veronika terbaru tersebut membuka peluang untuk hadirnya proses interaksi yang lebih natural dan intuitif dengan para pelanggan, serta memberikan pengalaman layanan yang lebih nyaman dan personal.

Telkomsel Kasih Kabar Positif

Vice President Customer Journey and Digital Experience Telkomsel Danang Andrianto menjelaskan, sejak pertama kali dihadirkan Telkomsel pada 2017, asisten virtual Veronika berkomitmen untuk mempermudah pelanggan dalam memenuhi kebutuhan informasi hingga transaksi produk dan layanan.

Kemudahan yang dimaksud Telkomsel adalah mengembangkan fitur berbasis chatbot dengan memanfaatkan keunggulan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

Aplikasi MyTelkomsel

Photo :
  • Telkomsel

Dengan pemanfaatan model ChatGPT yang diakses melalui Azure OpenAI Service, Veronika terus berinovasi dengan mengintegrasikan teknologi AI terbaik yang menghadirkan kepandaian dalam memberikan solusi yang semakin akurat, serta pola interaksi yang lebih natural dan ekspresif.

"Kami berharap, layanan asisten virtual Veronika yang semakin cerdas ini dapat menjadi solusi untuk semua kebutuhan layanan pelanggan, sekaligus dapat memberikan pengalaman gaya hidup digital yang melebihi ekspektasi seluruh pelanggan Telkomsel," ungkap Danang, dalam konferensi pers virtual, Selasa, 26 September 2023.

Serangkaian bahasa pemrograman berbasis Natural Language Processing (NLP) dan machine learning yang kini diterapkan, memungkinkan Veronika untuk merespons dan berinteraksi dengan pelanggan secara lebih natural.

Keunggulan fitur teknologi machine learning juga memungkinkan Veronika memahami kebutuhan atas produk dan layanan secara lebih mendalam, sehingga mampu menawarkan solusi yang sesuai dengan profil kebutuhan dan penggunaan pelanggan Telkomsel secara lebih spesifik.

Dengan teknologi kecerdasannya saat ini, Veronika mampu merekomendasikan pilihan paket produk yang sesuai dengan profil kebutuhan pelanggan, memberikan product knowledge, serta menjawab permasalahan pelanggan dengan lebih cepat dan semakin akurat.

Seiring dengan pengintegrasian Microsoft Azure OpenAI Service, Veronika juga akan terus berinovasi dan melakukan improvement mengikuti kemajuan teknologi. Perbaikan tanpa henti menjadi upaya Telkomsel untuk meningkatkan kecerdasan chatbot, sehingga ke depannya Veronika dapat menjadi asisten virtual yang memahami pelanggan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya