Integrasi Bisnis Ritel ke Digital di RI Lambat, Mengapa

Ilustrasi transaksi e-commerce.
Sumber :
  • www.pixabay.com/StockSnap

VIVA – Peralihan bisnis ritel ke digital di Indonesia menurut President JDA Asia Pacific, Amit Bagga, berjalan lambat. Padahal sistem untuk mendukung perubahan tersebut sudah tersedia dan konsumen siap menerima 'kehadiran' ritel daring.

Shopee Luncurkan Program Baru, Garansi Tepat Waktu

"Sistemnya sudah ada tapi manajemen ritel justru takut menggunakan teknologi itu. Padahal konsumen siap menerima retailer online," kata dia di Jakarta, Rabu, 4 April 2018.

Amit merasa bahwa pihak pengusaha harus mampu berubah mengikuti perkembangan zaman. Ia mengaku tak menargetkan berapa lama bisa semua retailer menuju online, namun Amit optimistis hal tersebut bisa terjadi lebih cepat karena sudah banyak pihak yang mulai menunjukkan ketertarikan.

Viral Tanah Kuburan Dijual di E-commerce Bikin Geger Warganet, Bisa Buat Pesugihan?

"Retailer harus berubah secepatnya. Mungkin dua kali lebih cepat. Tapi sekarang kami lihat banyak yang mulai tertarik, karena persaingannya dengan retailer besar seperti Alibaba," tuturnya.

Ilustrasi transaksi bisnis e-commerce.

Gandeng Tokopedia, Segini Dana yang Dibawa TikTok ke Indonesia

Senada dengan Amit, Chief Executive Officer Kargo.co.id, Yodi Anitya, melihat bahwa calon konsumen sudah bisa menerima teknologi baru, termasuk memesan sesuatu lewat online.

Menurut Yodi para pengusaha juga bisa menerima tapi pada pelaksanaannya masih banyak yang enggan melakukannya. Ia pun mengaku harus turun langsung mengajak para vendor truk untuk bergabung ke dalam situsnya.

Namun, Yodi yang bekerja di bidang logistik ini, yakin bahwa ke depannya bisa lebih banyak perusahaan yang mulai masuk online. Salah satunya karena dorongan dari pemerintah.

Ia menargetkan dalam kurun waktu tiga tahun sudah bisa terwujud. "Bisa cepat karena pemerintah. Mereka nge-push supaya punya portal. Mau enggak mau, harus terbiasa dengan online," jelasnya. Kargo.co.id adalah situs penyewaan truk yang lebih memudahkan orang yang ingin menyewa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya