Cara Gopay Tangkal Penipuan Mirip 'Mama Minta Pulsa'

uang digital gopay
Sumber :
  • Twitter.com/@gopayindonesia

VIVA – Penipuan yang ditujukan pada pengguna Gopay sudah sering terjadi sejak beberapa waktu lalu. Salah satunya modus yang mirip dengan penipuan 'mama minta pulsa'. Cara pelaku adalah dengan meminta kode yang dikirimkan pihak Gojek kepada korbannya.

27 Korban Penipuan Investasi Rp52 Miliar Geruduk Rumah Orang Tua Pelaku di Tasikmalaya

Terkait itu, pihak Gopay melakukan segala cara untuk menghindari penggunanya dari sejumlah penipuan. Salah satunya dengan sistem pendeteksian fraud.

"Kami memiliki tim yang bekerja keras memastikan keandalan dan keamanan sistem, dari pendeteksian fraud, money laundering hingga sistem untuk data recovery," kata Head of Corporate Communications Gopay, Winny Triswandhani, Selasa, 19 Maret 2019.

Waspada Penipuan Kerja Paruh Waktu yang Marak di Shopee

Winny menambahkan bahwa pihaknya juga melakukan kebijakan internal terkait access control untuk daya pengguna.

Selain itu, mereka juga menggunakan sejumlah tindakan untuk peningkatan keamanan. Dia mengatakan salah satunya adalah penggunaan OTP atau One Time Password.

Mantan Bos Gojek Bikin Motor Listrik, Ini Bocoran Wujudnya

"Gopay juga melakukan tindakan preventif untuk meningkatkan keamanan dari segi pengguna, seperti penggunaan OTP, PIN dan kebijakan batas maksimal transaksi dan saldo yang hanya berlaku pagi pengguna yang sudah terverifikasi," ujar dia.

Dia juga mengingatkan bahwa pengguna bisa mengakses customer care Gopay. Pertama dengan menghubungi melalui aplikasi Gojek, atau menggunakan e-mail di cs@go-pay.co.id dan hotline 1500304. (dhi)

Wanita Korea mengaku kena penipuan yang menyeret nama Elon Musk.

Viral Wanita Ini Ngaku Ditipu Elon Musk, Uang Rp800 Miliar Melayang

Seorang wanita Korea mengalami kerugian besar $50 ribu atau sekitar Rp810 miliar setelah tertipu oleh penipuan yang melibatkan akun palsu mengaku sebagai Elon Musk.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024