Genjot Daya Saing Produk Lokal Tanah Air

Ilustrasi startup.
Sumber :
  • Stanford Graduate School of Business - Stanford University

VIVA – Platform social commerce, Avana Indonesia, bekerja sama dengan PT Wira Teknologi Indonesia, selaku pengembang aplikasi Wiranesia Inkubator untuk mendongkrak kemampuan para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) lokal agar bisa memanfaatkan teknologi digital dalam melakukan aktivitas bisnis mereka secara maksimal.

Ekonomi UMKM Pasca Pandemi Covid-19

Country Manager Avana Indonesia, Queenseca, melihat eksistensi sejumlah produk UMKM lokal semakin tergerus akibat perkembangan teknologi yang semakin cepat. Menanggapi fenomena itu, ia berencana untuk mengadakan sejumlah program pengembangan dan pengayaan UMKM di Indonesia.

Baca: Indonesia Harus Lebih Banyak Lahirkan Startup Unicorn dan Decacorn

Pelaku UMKM Beri Hadiah Kalung untuk Istri Sandiaga Nur Asia

"Kami melihat eksistensi produk lokal semakin tergerus seiring dengan perkembangan internet dan teknologi. Kerja sama ini supaya memberikan perspektif baru serta mempersempit gap untuk meningkatkan daya saing dari produk-produk lokal," ungkap Queenseca, usai melakukan penandatanganan kerja sama dengan Wiranesia Inkubator, Kamis, 25 Februari 2021.

Senada, Faransyah Agung Jaya selaku Pendiri Wiranesia Inkubator melihat potensi produk lokal Indonesia yang tidak kalah kualitasnya dengan produk luar negeri. Sayang, akibat kurangnya kesadaran, maka sejumlah pelaku UMKM untuk memanfaatkan teknologi digital sehingga membuat bisnis UMKM di Indonesia tidak berkembang secara maksimal.

DBS Indonesia Gandeng CARInih Bangun Ekosisten Digital UMKM

"Pebisnis lokal sebenarnya memiliki produk yang tidak kalah bagusnya dengan produk luar. Namun, karena adanya gap dengan teknologi yang berkembang sangat pesat akhirnya tidak bisa mengembangkan bisnis mereka secara maksimal," kata Faransyah.

Lebih jauh, kerja sama ini diharapkan nantinya para pelaku UMKM di Indonesia dapat mengembangkan maupun memasarkan produk lokal secara lebih maksimal dengan memanfaatkan penjualan melalui platform digital.

Dengan begitu, produk lokal yang dihasilkan oleh para pelaku UMKM bisa bersaing dengan produk-produk buatan luar negeri serta mengalami peningkatan omzet yang nantinya juga memberikan dampak positif bagi perekonomian nasional.

Seperti diketahui, Avana Indonesia merupakan platform social commerce untuk mendukung para pelaku bisnis dengan mengoptimalkan penjualan melalui website atau situs, Facebook, Instagram dan WhatsApp, Line, hingga Telegram.

Dengan menggunakan inovasi teknologi terbaru dan sistem yang terintegrasi dengan media sosial, Avana telah membantu lebih dari 100 ribu UMKM yang ingin mengoptimalkan produk atau brand mereka dan mengotomatisasikan kemampuan bisnis secara online.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya