Membidik Pelanggan Korporasi

Ilustrasi korporasi.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Tekno – Indonesia merupakan pasar e-commerce dengan pertumbuhan tercepat di kawasan ASEAN dengan nilai yang diproyeksikan mencapai US$53,8 miliar atau Rp842 triliun pada 2025.

Angin Segar untuk Startup Pemula

Bahkan, diperkirakan nilai ekonomi digital nasional pada 2030 akan mencapai US$315 miliar atau Rp4.715 triliun. Dalam lanskap ekonomi digital, startup atau perusahaan rintisan memainkan peran penting dalam menjaga kestabilan perekonomian nasional.

Mulai dari memberikan solusi digital, membuka lebih banyak lapangan kerja, hingga meningkatkan daya saing teknologi.

eSIM Bagian dari Mengurangi Jejak Karbon

Pemerintah terus mendorong Badan Usaha Milik Negara atau BUMN dari berbagai sektor untuk menggali peluang sinergi, kolaborasi, dan inovasi dengan startup.

HM Sampoerna Putuskan Tebar Dividen Rp 8,06 Triliun, Catat Jadwalnya

Bisnis startup.

Photo :
  • Freepik

Salah satunya Telkomsel. Anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk ini menggandeng startup Feedloop untuk mendukung kemajuan ekonomi digital melalui pendanaan dan inisiatif 'synergy value' ke akses ekosistemnya.

"Kolaborasi ini sama-sama memiliki ekosistem digital yang fokus ke data insight untuk membantu korporasi atau enterprise dalam menjangkau pasar yang lebih luas," kata Vice President Data Solutions Telkomsel Alfian Manullang, dalam konferensi pers virtual, Senin, 12 Desember 2022.

Menurutnya, Telkomsel telah mengoptimalkan layanan data insight telecommunication, yakni Mobile Consumer Insight (MSight), untuk memberi solusi bagi kebutuhan industri dalam membantu pengambilan keputusan yang strategis, akurat, cepat, terarah, dan tepat sasaran.

Adapun, solusi tersebut nantinya akan dapat dimanfaatkan korporasi untuk mengenal lebih dalam pelanggan mereka, yang kemudian dapat menjadi acuan dalam memberikan pengalaman yang sangat dipersonalisasi, baik melalui produk maupun layanan yang dihadirkan di website maupun aplikasi.

"Intinya, kolaborasi yang terjalin ini menjadi salah satu langkah konkret dalam mendukung pemberdayaan startup. Tentu, kami akan terus membuka peluang kerja sama lebih luas untuk mengakselerasi pemberdayaan startup yang bisa berdampak pada penguatan ekonomi digital nasional," jelas Alfian.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Eksekutif Feedloop Ahmad Rizqi Meydiarso mengaku kolaborasi dengan MSight Telkomsel dalam menyediakan 'best in class customer 360 insight' untuk korporasi di Indonesia.

"Kolaborasi akan mengintegrasikan layanan MSight dengan produk 'customer engagement' dari Feedloop, sehingga akan tercipta satu produk unggulan baru yang mampu memberikan dukungan solusi data insight yang lebih komprehensif," tutur dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya