Tokopedia Fasilitasi Perempuan Pegiat Teknologi

Tokopedia.
Sumber :
  • Misrohatun Hasanah

VIVA Tekno - Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) 2022, proporsi perempuan yang menduduki posisi manajerial di Indonesia telah mencapai angka 32,26 persen.

Inovasi Teknologi Bridgestone Tidak Sebatas Ban Kendaraan

Meski terus mengalami tren yang positif, proporsi perempuan pada posisi manajerial masih tertinggal dari laki-laki yang mencapai sekitar 66 persen.

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) di sisi lain menyampaikan bahwa peran perempuan di bidang STEM (Science, Technology, Engineering dan Mathematics) masih kurang. Partisipasinya dalam dunia kerja di bidang teknologi pun masih terbilang sedikit.

Maudy Ayunda hingga Marion Jola Siap Meriahkan Renjana Cita Srikandi

“Untuk makin memberdayakan dan mendorong partisipasi perempuan di industri teknologi, Tokopedia Academy menggelar START Women in Tech, konferensi teknologi tahunan dari Tokopedia untuk para perempuan pegiat teknologi,” ujar Tokopedia Academy Lead, Rossy Triana Iskandar dalam konferensi pers virtual, Jumat, 16 Juni 2023.

START Women in Tech merupakan salah satu dari 16 program Tokopedia Academy, yakni ekosistem yang bisa dimanfaatkan oleh siapa pun yang memiliki ketertarikan akan teknologi untuk belajar dari beragam kurikulum, dilatih oleh berbagai pakar, hingga bertukar wawasan dengan sesama pegiat teknologi lewat sejumlah komunitas yang tersedia.

Para Pecinta Sepak Bola Wajib Tahu, Jersey Klub Favoritmu Cuma Ada di Sini

"Lewat Tokopedia Academy, kami berupaya meningkatkan jumlah, kapasitas dan kapabilitas talenta digital Indonesia serta mencapai pemerataan pengetahuan lewat teknologi," jelasnya.

Anak perusahaan GoTo Group ini ingin menghadirkan kesempatan belajar yang tidak terbatas untuk talenta digital masa depan agar nantinya dapat berkontribusi pada perekonomian nasional melalui teknologi.

Konferensi Teknologi Tokopedia START Summit 2020

Photo :
  • VIVA/Muhamad Solihin

START Women in Tech 2023 bertema ‘A Way Forward and Beyond for Women in Technology’. Konferensi ini menghadirkan sejumlah pembicara perempuan ahli teknologi yang akan membahas tentang peran perempuan di industri teknologi.

Event juga diselenggarakan secara hybrid sehingga dapat disaksikan secara offline dan virtual melalui kanal streaming video Tokopedia Play, Official YouTube Tokopedia atau Inside Tokopedia, serta website Tokopedia Academy pada Sabtu, 17 Juni 2023 pukul 09.00-16.30 WIB. 

Masyarakat yang ingin mengikuti rangkaian acara START Women in Tech 2023 dapat mendaftarkan diri secara gratis melalui website Tokopedia Academy. Peserta START Women in Tech 2023 akan mendapatkan sederet manfaat, seperti Keynote Sessions, Inspiring Talk Show dan Breakout Rooms.

Saat ini, Tokopedia terdiri dari lebih dari 14 juta penjual, dimana hampir 100 persen terdiri dari UMKM lokal. Jutaan penjual ini telah memasarkan lebih dari 1,8 miliar produk ke masyarakat di 99 persen kecamatan di Indonesia.

"Berkat berbagai inovasi serta kolaborasi, Tokopedia mencatat berbagai tren menarik selama kuartal II 2023 dibandingkan kuartal I 2023. Kecantikan, Fesyen, Handphone dan Gadget menjadi beberapa kategori produk yang paling diburu oleh masyarakat melalui Tokopedia," kata Rossy.

Data internal Tokopedia juga mencatat Pelalawan (Riau), Kerinci (Jambi) dan Bangka Barat (Bangka Belitung) menjadi beberapa wilayah dengan peningkatan tertinggi jumlah transaksi melalui Tokopedia, dengan rata-rata peningkatan transaksi hampir 10 kali lipat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya