Ada Black Hole Dekat Wilayah Laut Indonesia

Black hole.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Black hole atau lubang hitam kerap ditemui di Galaksi Bima Sakti. Ini adalah jenis lubang hitam dengan massa dari ratusan ribu hingga miliaran kali massa Matahari yang dapat menghisap apapun jika berada di dekatnya. Akan tetapi, black hole kini ditemui tak jauh dari wilayah laut Indonesia, atau tepatnya Vietnam.

5 Black Hole Sedang Wara-wiri di Dasar Laut

Black hole di sini bukanlah lubang hitam yang bisa menghisap apapun, melainkan julukan untuk Kapal selam canggih milik Angkatan Laut (AL) Vietnam, Kilo Class 101.

Julukan kapal selam buatan Rusia itu disematkan oleh Angkatan Laut Amerika Serikat (AL AS), lantaran kapal selam sepanjang 74 meter ini punya emisi dan visibilitas suara yang rendah.

Hanya Gunakan Kapal Kayu, Aksi Keren Nelayan Ini Berhasil Usir Kapal Asing dari Laut Indonesia

Dengan begitu, Kilo merupakan kapal selam non-nuklir yang sulit terdeteksi oleh sinyal musuh. Mengutip situs Vnexpress, Kamis, 2 April 2020, AL Vietnam memiliki enam unit Kilo Class 101, varian tercanggih yang mampu menyelam di perairan dangkal dan berlayar mendekati dasar lautan tanpa terdeteksi.

Dengan kontrak senilai US$2 miliar (Rp32,6 triliun) pada Desember 2009 dengan Rusia, maka Vietnam telah resmi melakukan pembelian enam unit Kilo Class 101, termasuk mendapat program pelatihan.

Akankah Matahari Menjadi Lubang Hitam?

Kilo Class 101 AL Vietnam.Black hole Kilo Class 101 memiliki fitur advanced stealth technology dengan kemampuan yang ditingkatkan untuk misi penyerangan ke daratan, permukaan laut, dan tentunya melawan sasaran di bawah air.

Spesifikasi dasar dari Kilo Class 101, yaitu punya bobot 3.100 ton, mampu melaju dengan kecepatan 20 knots, dan mampu menyelam sampai kedalaman 300 meter.

Kilo Class 101 sanggup berlayar sejauh 9.600 km terus-menerus selama 45 hari. Kapal selam ini juga mampu menampung 52 awak.

Spesifikasi persenjataan dari Kilo Class 101 milik AL Vietnam adalah mampu meluncurkan beragam jenis torpedo dari enam tabung peluncur. Komposisinya terdiri dari 18 torpedo heavyweight, terdiri dari enam terpasang pada tabung, dan 12 unit torpedo dalam rak penyimpanan.

Isi ulang atau reload torpedo juga sudah dapat dilakukan dengan automatic rapid loader. Dua target dapat dihancurkan secara simultan dalam simulasinya. Pilihan torpedo yang dibawa Kilo Class 101 milik AL Vietnam adalah VA-111 Shkval dan Type 53-65.

Pangkalan AL Vietnam, Cam Ranh.

Adapun keenam Kilo Class 101 pesanan AL Vietnam ini adalah kapal selam pertama, HQ-182 Hanoi, tiba pada 31 Desember 2013. Kemudian, kapal selam kedua, HQ-183 Ho Chi Minh City, tiba pada 22 Maret 2014, serta kapal selam ketiga, HQ-184 Hai Phong, tiba pada 31 Januari 2015.

Selanjutnya, kapal selam keempat, HQ-185 Khanh Hoa, tiba pada 2 Juli 2015, dan kapal selam kelima serta keenam, HQ-186 Da Nang dan HQ-187 Ba Ria-Vung Tau, masing-masing tiba pada 5 Februari 2016 dan 20 Januari 2017.

Sebagai besar armada Kilo Class 101 AL Vietnam ditempatkan di Pangkalan Angkatan Laut Cam Ranh, dikenal sebagai salah satu pangkalan angkatan laut terbesar di Vietnam yang menghadap langsung Laut China Selatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya