Hasrat Israel Terbangkan Ribuan Drone Serentak

Drone membawa sebuah kotak bertanda 'Flying Sushi' di Israel.
Drone membawa sebuah kotak bertanda 'Flying Sushi' di Israel.
Sumber :
  • Deutsche Welle

VIVA – Pengiriman makanan dengan pesawat nirawak atau drone baru-baru ini dipertunjukkan di Israel. Negeri Yahudi itu ngebet melihat ribuan drone terbang serentak di masa depan dengan tugas yang berbeda-beda. Untuk itulah, Israel melakukan sebuah demonstrasi pengiriman makanan dan minuman menggunakan drone.

Berlangsung di hamparan berumput di tepi pantai Tel Aviv, tiga drone terbang di atas gedung-gedung tinggi. Dua drone membawa sushi, dan satu drone lainnya membawa berkaleng-kaleng bir.

Demonstrasi penerbangan drone itu dikomandoi oleh dua perusahaan, yaitu High Lander – yang memiliki spesialisasi dalam kontrol lalu lintas untuk drone otomatis, dan Cando – yang membantu menyusun strategi drone untuk klien.

Menurut mereka, satu hal penting yang perlu diantisipasi adalah bagaimana cara agar tabrakan di langit dapat dihindari dengan semakin ramainya drone di masa depan, seperti dikutip VIVA Tekno dari situs Deutsche Welle, Kamis, 21 Oktober 2021.

"Menerbangkan satu drone tidak jadi masalah. Kita berbicara tentang multi drone yang berasal dari produsen drone yang berbeda-beda, tetapi mereka akan tetap memantau dengan menggunakan software kami, dan kami dapat memastikan mereka tidak bertabrakan," kata Kepala Eksekutif High Lander, Alon Abelson.

Drone.
Photo :
  • dw

Drone.

Aksi pengiriman sushi dan bir menggunakan drone Israel ini merupakan bagian dari inisiatif pemerintah dan swasta senilai 20 juta shekel (US$6 juta atau Rp84,7 miliar), dalam rangka memajukan teknologi drone Israel.