Metamorfosis Tidak Sempurna Lengkap dengan Pengertian hingga Contoh

Belalang peloncat kehilangan gairah melompat.
Belalang peloncat kehilangan gairah melompat.
Sumber :
  • vstory

VIVA – Metamorfosis tidak sempurna merupakan salah satu proses metamorfosis yang terjadi pada hewan yang hidup di bumi ini. Perkembangbiakan tentunya akan terus terjadi pada hewan untuk keberlangsungan hidup.

Hewan akan berkembang biak dengan proses mulai dari menjadi embrio, proses kelahiran, proses menuju dewasa, berkembang biak hingga mengalami kematian.

Hal itu merupakan suatu dasar dalam ilmu pengetahuan yang perlu diketahui. Hewan dapat berkembang biak karena adanya proses perkawinan yang terjadi antara hewan jantan dan betina.

Proses tersebut dinamakan sebagai proses fertilisasi yakni peleburan inti sel sperma dan inti sel telur. Fertilisasi tersebut dapat melalui dua cara yakni fertilisasi internal dan eksternal.

Tentunya perkembangbiakan yang dialami pada hewan tidak dapat dilepaskan dari proses metamorfosis. Setelah ini akan kita bahas apa itu metamorfosis lengkap dengan pengertian metamorfosis, jenis-jenis metamorfosis dan contoh hewannya. 

Pengertian Metamorfosis

Sebelum kita membahas lebih spesifik tentang apa itu metamorfosis tidak sempurna, kita harus mengetahui dulu apa itu pengertian dari metamorfosis. Metamorfosis adalah perubahan bentuk atau susunan yang terjadi pada hewan saat menjalani proses perkembangbiakan.