Universitas Pembangunan Jaya Gelar Pelatihan Pemberdayaan UKM Kuliner

Kegiatan pengabdian masyarakat pemberdayaan UKM di Universitas Pembangunan Jaya
Sumber :
  • ist

VIVA – Universitas Pembangunan Jaya melalui program studi Desain Produk dan Desain Komunikasi Visual (DKV) menggelar kegiatan pengabdian masyarakat yang berfokus pada pemberdayaan Usaha Kecil Menengah (UKM) warga sekitar kawasan Lengkong Kyai atau Kampung Lengkong Kulon, Serpong, Kabupaten Tangerang, Banten.

Penampakan AHY Nobar Timnas Indonesia Vs Uzbekistan Bareng Ribuan Warga Banyuwangi

Kegiatan pengabdian masyarakat yang terfokus pada mayoritas bergerak dalam bidang usaha kuliner tersebut berlangsung pada 20-24 Desember 2021 di Aula Lt. 3 Gedung B, Universitas Pembangunan Jaya, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten.

Acara diisi dengan kegiatan pelatihan untuk 20 orang peserta yang merupakan pemuda pemudi dan ibu-ibu warga asli Kampung Lengkong Kulon, Serpong, Kabupaten Tangerang sebagai implementasi program hibah dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Berbulan-bulan Banjir Tak Kunjung Surut, Daerah di Bulak Barat Depok Ini Bak Kampung Mati

Kegiatan ini pun diawali dengan pemberian pelatihan tentang pentingnya menjaga kebersihan dan kualitas makanan bagi para pelaku UKM dengan mengundang narasumber Sergio Andino Ahnan, Co-Founder MBrio, sebuah start up yang memang bergerak di bidang pangan.

Sebagai salah satu motor penggerak program pengabdian masyarakat dibawah program hibah sebesar Rp1,1 miliar yang diterima UPJ ini, program studi Desain Produk dan DKV UPJ.

Dari TikTok ke Kehidupan Nyata: Kisah Inspiratif Aisyah, Kreator Affiliate Sukses Bantu Keluarga

Selain ikut memberikan pelatihan, kegiatan ini juga akan mendesain dan memproduksi 10 buah gerobak dagang unik untuk pelaku usaha UKM kuliner sebagai salah satu outcome dari program pengabdian masyarakat ini.

“Hasil akhir dari kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian warga serta mengurangi kesenjangan ekonomi antara warga kampung dan warga yang bermukim dikawasan Kampung Lengkong Kulon pada khususnya dan Kawasan BSD pada umumnya," ujar Ketua Tim Pengabdi, Dr. Hari Nugraha, yang juga Dosen dari Prodi Desain Produk UPJ.

Secara geografis, Lengkong Kyai atau Kampung Lengkong Kulon merupakan sebuah daerah yang memiliki nilai historis yang penting dan cukup panjang, bahkan melebihi usia Republik Indonesia sendiri.

Sejarah Lengkong Kyai atau Lengkong Kulon ini tidak bisa dilepaskan dari sosok Aria Wangsakara, seorang ulama dan pejuang yang melawan VOC pada masa awal 1700an.

Sosok Aria Wangsakara yang gugur di tahun 1720 ini telah mendapat anugerah sebagai Pahlawan Nasional pada tahun 2021 karena merupakan bagian para pahlawan yang ikut memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia.

Upaya pemberdayaan UKM masyarakat Lengkong Kyai atau Kampung Lengkong Kulon yang kebanyakan bergerak di bidang usaha kuliner oleh program studi Desain Produk UPJ akan dilanjutkan dengan Pelatihan tentang bagaimana memanfaatkan media sosial seperti Instagram untuk menunjang usaha berjualan makanan warga Kampung Lengkong Kulon dengan narasumber Donna Angelina, seorang Desainer dan juga Entrepreneur sukses di tanggal 24 Desember 2021.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya