Menikmati Seni Rupa Metaphors about Islands di Jakarta

Karya "Linking" asal seniman Taiwan Dikunjungi Wakil Kepala TETO Chen Sheng Peng dan Kurator Sandy Lo.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Pameran Jakarta Biennale 2021 Internasional digelar selama dua pekan.  Pameran seni rupa terbesar di Jakarta ini bertajuk "Metaphors About Islands".

Kompetisi Seni Rupa untuk Dukung Akses Pendidikan dan Generasi yang Kreatif

Dalam pameran kali ini seniman Taiwan diundang berpartisipasi. Sebanyak 41 seniman dan kolektif seni dari berbagai negara ikut serta dalam projek tersebut. 

Selain dari negara Taiwan dan Indonesia, juga dari Kamboja, Bangladesh, Vietnam, Malaysia, Thailand, Nepal, India. Para seniman dari Asia ini menampilkan 20 instalasi seni dalam pameran.

Kata Kritikus Seni Rupa soal Lukisan Artificial Intelligence Karya Denny JA

Wakil Kepala Taipei Economic and Trade Office (TETO) Chen Sheng Peng, mewakili Kepala TETO John Chen mengunjungi pameran pada Selasa, 11  Januari 2022. Ia ditemani kurator Taiwan Sandy Lo.

Chen Sheng Peng melihat instalasi seni Taiwan yang ditampilkan di antaranya "My Heart is an Island" Rahic Talif dan VOLUME ESCAPE,  " Linking" oleh Yuma Taru dan KOMUNITAS KAHE, "keyeup bodas kingdom" oleh PRFRMNC.RAR.

Datang ke Indonesia, Seniman Asal Korsel Park Jihyun Perkenalkan Seni Dari Produk Interior

Selain itu, ia juga menyaksikan "Future Alchemy" oleh kolaborasi antara HOU I-Ting dan It's In Your Hands Collective, karya kreatif Zhang Xu-Zhan dan pink.ink "Hoodwink", kolaborasi antara Lin Yi-Chi, Blanco Benz Altrelier dan Studio Malya "Island Echoes", dan karya "Force Majeure! " oleh Lightbox Library beserta SOKONG! dan RAWS SYNDICATE (RAWS SNDCT).

“Fokus utama dalam pameran " Metaphor About Islands" ini adalah karena dunia dilanda oleh dampak pandemi Covid-19, yang telah memperparah kesenjangan antara orang kaya dan kaum miskin di dunia semakin melebar, “ tulis keterangan pers Taipei Economic and Trade Office (TETO), Jumat (14/1).

Selain itu persaingan internasional dan geopolitik telah meluas ke dunia maya dan industri luar angkasa. Bencana yang disebabkan oleh iklim telah menyebar ke seluruh dunia, sehingga dunia lebih terdesak untuk memperhatikan masalah lingkungan dan ekologi.

Pameran ini merupakan proyek yang digagas oleh kurator Taiwan Sandy Lo bersama dengan Guskul studi kolektif Jakarta. Untuk menikmati karya-karya tersebut bisa disaksikan di Ruang Sanken, Museum Nasional Indonesia, Jakarta, 7-21 Januari 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya