10 Amalan di Bulan Ramadhan untuk Menambah Pahala yang Dilipatgandakan

sholat
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Amalan di bulan Ramadhan ini harus terus dijalankan karena menjadi bulan yang penuh ampunan dan banyak orang yang berlomba-lomba untuk memperoleh pahala yang berlipat ganda. Memang perbuatan tersebut di bulan lain juga akan mendapatkan pahala dan tidak kalah baik. Tapi, amalan bulan Ramadhan yang dilaksanakan secara rutin ini akan mendapatkan pahala yang melimpah dan dilipatgandakan. 

5 Tips Ampuh untuk Hilangkan Lemak Perut yang Bikin Susah Gerak

Terdapat sejumlah amalan sunnah bulan Ramadhan sehingga akan membuat amalan ini tampak berbeda dengan amalan yang dikerjakan sehari-hari. Melaksanakan amalan tersebut tentu bukan akan akan mendapatkan pahala saja. Tapi, juga akan meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita semua kepada Allah SWT. Bahkan, amalan tersebut juga menjadi ibadah sunah yang dilaksanakan oleh Nabi Muhammad SAW ketika masih hidup. 

Oleh karena itu, untuk kamu umat Islam jangan sampai melewatkan momen begitu saja di bulan yang sangat mulia ini. Bulan yang dipenuhi dengan ampunan dan kesempatan terbaik untuk melaksanakan taubat. Hindarilah godaan setan yang terkutuk yang berpotensi untuk membatalkan puasa kamu. Nah, untuk kamu yang semakin penasaran berikut adalah ulasan tentang amalan di bulan Ramadhan yang disadur dari berbagai sumber. 

Ninja Xpress: Pengiriman Paket Melonjak 20 Persen saat Ramadhan 2024

1. Tadarus Al Quran

Al Quran, Islam

Photo :
  • Pixabay/ Pexels
Meninggalnya Babe Cabita Ternyata Bikin Para Sahabat Iri, Kok Bisa?

Selain melaksanakan puasa, amalan di bulan Ramadhan yang dapat dilaksanakan adalah dengan membaca dan mengkhatamkan Al Quran. Ramadhan sendiri adalah momen yang pas untuk dijadikan rutinitas serta melebihkan dalam membaca Al Quran. Terlebih untuk kamu yang sangat jarang membaca Al Quran di bulan lainnya. 

Membaca Al Quran ini tentu saja mempunyai banyak kebaikan, apalagi Allah SWT akan melipatgandakan pahala untuk setiap amalan yang dilaksanakan umat muslim di bulan puasa ini. Selain itu, usahakan juga untuk sampai khatam. Tapi, bukan hanya mengejar khatam Al Quran, namun kamu juga harus memperhatikan bacaan dengan baik dan benar. 

2. I’tikaf dan Mendekatkan Diri kepada Allah SWT

Itikaf akhir Ramadhan

Photo :
  • ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Salah satu amalan di bulan Ramadhan yang bisa dilaksanakan adlah i'tikaf. I’tikaf atau mendekatkan diri ini dapat dilakukan di masjid ketika bulan Ramadhan. Dalam sebuah hadis dikatakan bahwa, dari Ibnu Umar RA diriwayatkan bahwa Ia berkata: “Rasulullah SAW selalu beri'tikaf pada sepuluh hari yang penghabisan di bulan Ramadhan.” (HR. Al-Bukhari No. 2025 dan Muslim No. 2838).

Para ulama mengatakan bahwa hukum I’tifkaf ini adalah sunnah dan tidak wajib. Terkecuali bila kamu sudah bernazar untuk beri’tikaf karena sebuah hal. Waktu untuk beri'tikaf adalah di akhir bulan Ramadhan atau 10 hari terakhir sebagaimana yang ada dalam hadis Aisyah RA, Nabi SAW beri'tikaf pada sepuluh hari yang akhir dari Ramadhan hingga wafatnya kemudian istri-istri beliau pun beri'tikaf setelah kepergian beliau. (HR. Al-Bukhari No. 2016 dan Muslim No. 1172).

3. Melakukan Dzikir

Dzikir setelah sholat fardhu

Photo :
  • U-Report

Dzikir juga menjadi salah satu amalan di bulan Ramadhan yang dapat dilaksanakan oleh semua umat Islam. Keistimewaan dari dzikir sesungguhnya pada malam dan siang bulan Ramadhan adalahh waktu-waktu yang sangat mulia dan utama. 

Ada baiknya, pakailah waktu-waktu tersebut untuk melaksanakan dzikir dan berdoa kepada Allah SWT. Terlebih dalam waktu-waktu yang istijabah, salah satunya adalah ketika berpuasa sampai berbuka, ketika malam terutama pada sepertiga malam terakhir dan sahur. 

4. Sholat Lima Waktu

ilustrasi sholat

Photo :
  • U-Report

Selain menjadi sebuah kewajiban untuk semua umat muslim sehari-hari, ketika datangnya bulan suci Ramadhan hendaknya kita semua selalu meningkatkan ibadah kita dengan rajin melaksanakan sholat lima waktu. Seperti yang diyakini oleh umat Islam, bahwa sholat adalah tiangnya agama. 

Bila kamu melaksanakan sholat wajib secara tepat waktu dan juga tanpa terputus ketika bulan Ramadhan, maka bukan hanya pahalanya aja yang akan berlipat ganda, tapi satu rakaat sholat di bulan suci ini juga pahalanya lebih berkah ketimbang seribu rakaat di bulan biasanya. 

5. Bersedekah

Sedekah

Photo :
  • U-Report

Walaupun dapat dilaksanakan di bulan lain, tidak ada salahnya untuk memperbanyak sedekah di bulan Ramadhan ini. Hal tersebut karena bulan Ramadhan mempunyai keistimewaan tersendiri. Bila dilaksanakan secara rajin selama sebulan penuh, maka amalan di bulan Ramadhan ini akan menjadi kebiasaan yang baik. 

Ali bin Abi Thalib pernah berkata: “Barang siapa mengeluarkan sedekah kepada orang miskin, niscaya Allah akan mengampuni dosa-dosanya. Allah SWT pun akan menyediakan balasan untuknya berupa kebebasan, sebagaimana bebasnya Nabi Ismail AS dan penyembelihan."

6. Rutin Melaksanakan Sholat Tarawih

Dokumen - Jemaah salat tarawih di Masjid As-Syuhada, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur.

Photo :
  • ANTARA

Ibadah sunnah yang satu ini adalah salah satu ibadah yang khas karena hanya dapat dilaksanakan pada bulan Ramadhan saja. Ibadah yang satu ini juga menjadi salah satu amalan di bulan Ramadhan yang dilaksanakan selain menjalankan puasa dan pahalanya tidak kalah berlipat-lipat besarnya. Oleh sebab itu, diharuskan setiap umat Islam dalam melaksanakan ibadah sholat sunnah tarawih sebagai bekal mendapatkan pahala dan ridha dari Allah SWT. 

7. Membayar Zakat Fitrah

Ilustrasi zakat fitrah

Photo :
  • envato.com by picturepartners

Nabi Muhammad SAW selalu menyampaikan kepada kita untuk selalu bersedekah atau beramal jariyah, terutama ketika bulan Ramadhan. Rasulullah SAW bersabda yang artinya: "Barang siapa memberi makan orang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun." (HR. Ahmad).

Membayar zakat fitrah juga memiliki tujuan untuk melengkapi dan menebus kesalahan yang dilaksanakan selama melaksanakan puasa di bulan Ramadan. Rasulullah SAW mengharuskan zakat fitrah untuk menyucikan diri dari kesia-siaan dan kata-kata keji serta memberikan makan untuk fakir miskin. 

Rasulullah bersabda yang artinya: "Barang siapa menunaikannya sebelum salat hari raya, maka zakatnya diterima, dan barang siapa yang menunaikannya setelah salat, maka itu dimaknai sebagai sedekah biasa." (HR. Abu Daud).

8. Ibadah Umrah

Jemaah umrah di Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi dengan protokol kesehatan

Photo :
  • Haramain

Amalan di bulan Ramadhan yang bisa dilakukan selain berpuasa berikutnya adalah dengan melaksanakan ibadah umrah. Untuk umat Islam yang dirasa sudah merasa memiliki kecukupan, usahakan untuk berangkat umrah di bulan Ramadhan karena nilainya setara dengan haji bersama dengan Rasulullah SAW.

Ibadah yang satu ini sangat besar pahalanya bila dilaksanakan di bulan Ramadhan, sehingga sejajar dengan ibadah haji. Walaupun demikian, ibadah umrah ini tidak serta merta menggantikan ibadah haji. Dengan merasakan Ramadhan di Makkah, tentu semua orang akan lebih fokus dan lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. 

9. Taubat

Manusia yang bertaubat.

Photo :
  • U-Report

Ramadhan adalah salah satu bulan suci yang penuh ampunan. Amalan bulan Ramadhan yang bisa dilaksanakan selain berpuasa adalah dengan bertaubat. Sangat dianjurkan untuk bertaubat di bulan suci Ramadhan ini. Bahkan, bagi mereka yang bersungguh-sungguh diibaratkan seperti bayi yang baru lahir, yaitu suci tanpa dosa. Bertaubat memang dapat dilaksanakan kapan saja, tapi tidak ada salahnya memohon ampunan kembali di bulan Ramadhan. 

10. Berdoa

ilustrasi berdoa

Photo :
  • Freepik

Bulan Ramadhan adalah bulan yang mustajab untuk berdoa. Allah akan mengabulkan semua doa baik yang dipanjatkan oleh hamba-Nya. Berdoa juga menjadikan manusia mengakui kelemahannya di hadapan Allah SWT dan menjadikan-Nya sebagai satu-satunya penolong. 

Media Gathering PUBG Mobile

Esports: PUBG Mobile Sukses Gelar Turnamen Komunitas hingga Influencer selama Ramadhan

Selama Bulan Suci Ramadhan 2024 yang baru saja berlalu, pecinta Esport dan gamers disuguhkan berbagai kegiatan oleh PUBG Mobile.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024