Contoh Proposal Kuliah yang Baik dan Benar

Ilustrasi Mengetik
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Contoh proposal kuliah pasti sangat dibutuhkan oleh para pelajar. Sebuah proposal memiliki banyak tujuan yang berbeda, menulis proposal yang baik dengan meringkas semua ada yang akan kamu rangkumkan.

Mengenal Dickmorphia, Istilah Bagi Kaum Pria yang Khawatir dengan Ukuran Penis Kecil

Mempelajari proposal yang baik sebelum mulai membuat proposal adalah langkah yang baik. Kamu harus mengetahui apa yang akan kamu tuangkan pada proposal tersebut. Mencari kaidah-kaidah yang terkait dengan proposal yang akan dibuat. 

Membuat proposal pastinya memiliki fungsi dan tujuan tertentu. Dilansir oleh culturepartnership.eu, fungsi dari membuat proposal berikut ini. 

Waktu Pendaftaran Mahasiswa Baru Institut Teknologi PLN Tahun 2024/2025 Diperpanjang
  • Proposal biasanya bertujuan untuk mengajukan permohonan uang untuk melaksanakan sebuah acara atau proyek tertentu. Oleh karena itu, proposal yang berhasil berarti kamu akan mendapatkan kesempatan untuk mewujudkan ide & impian profesional kamu.
  • Sebagian besar proposal proyek yang akan kamu uraikan akan mencakup komponen kemitraan. Oleh karena itu, kamu harus meningkatkan kuantitas dan kualitas hubungan eksternal institusi. Kamu akan mengembangkan jaringan kontak, mendapatkan pengakuan dan kebanggaan tersendiri.
  • Proposal proyek bukan hanya jumlah dari semua konsep jenius kamu. Jika memang memasukkan unsur kolaborasi, itu harus merupakan hasil kerja bersama & analisis mendalam tentang situasi/lingkungan & prioritas masing-masing negara/organisasi yang berpartisipasi. Untuk itu proyek yang akan kamu kerjakan akan lebih komprehensif, lebih inovatif, lebih disesuaikan dengan kebutuhan penerima.
  • Proposal juga dibuat untuk menyusun program penelitian

Untuk mengetahui bagaimana membuat proposal yang benar, kamu harus tahu struktur dari proposal. Sebelum menulis kamu harus tahu proposal yang dibuat ditujukan untuk apa. Dibawah ini adalah struk proposal kegiatan dan proposal penelitian. 

Prof Raymond Tjandrawinata Raih Top 3 Peneliti Bidang Farmasi di Indonesia

1. Proposal Penelitian 

Menurut birmingham.ac.uk, tujuh hal dibawah ini harus diperhatikan dalam menyusun proposal. Struktur proposal dibawah ini cocok untuk kamu yang ingin mengajukan program MJur, MPhil atau PhD, proposal penelitian kamu biasanya harus menyertakan informasi berikut:

1. Judul

Ini hanyalah judul sementara untuk penelitian yang kamu maksudkan. Kamu akan dapat merevisi judul selama penelitian jika kamu diterima untuk masuk.

Contoh judul tesis dari beberapa mahasiswa penelitian kami saat ini dan baru-baru ini dapat dilihat di halaman Proyek Saat Ini.

2. Abstrak

Proposal harus mencakup pernyataan singkat tentang penelitian yang kamu maksudkan tidak lebih dari 100 kata. Ini mungkin beberapa kalimat yang menjelaskan masalah yang ingin kamu periksa atau pertanyaan utama yang ingin kamu tangani.

3. Latar Belakang

Kamu harus menjelaskan latar belakang yang luas di mana kamu akan melakukan penelitian. Di dalam latar belakang harus menyertakan gambaran singkat tentang bidang studi umum di mana penelitian yang kamu usulkan termasuk, meringkas keadaan pengetahuan saat ini dan perdebatan terbaru tentang topik tersebut. Ini akan bersambung dengan bidang yang relevan serta kemampuan untuk berkomunikasi dengan jelas dan ringkas.

4. Rumusan Masalah

Proposal harus menetapkan tujuan utama dan pertanyaan yang akan memandu penelitian kamu. Sebelum menulis proposal kamu harus meluangkan waktu untuk merenungkan pertanyaan kunci yang ingin kamu masukkan dalam rumusan masalah. Banyak proposal penelitian terlalu luas, jadi merenungkan pertanyaan penelitian utama adalah cara yang baik untuk memastikan bahwa proyek kamu cukup signifikan dan layak.Kamu mungkin merasa terbantu untuk memprioritaskan satu atau dua pertanyaan utama, yang dapat memperoleh sejumlah pertanyaan penelitian sekunder. 

5. Metode Penelitian

Proposal harus menguraikan metode penelitian kamu, yang di dalamnya menjelaskan bagaimana kamu akan melakukan penelitian. Metode kamu mungkin termasuk mengunjungi perpustakaan atau arsip tertentu, kerja lapangan atau wawancara.

Sebagian besar penelitian berbasis perpustakaan. Jika penelitian yang kamu usulkan berbasis perpustakaan, kamu harus menjelaskan di mana sumber utama kamu (misalnya laporan hukum, artikel jurnal) berada (di perpustakaan Fakultas Hukum, Westlaw dll). Jika kamu berencana untuk melakukan kerja lapangan atau mengumpulkan data empiris, kamu harus memberikan rincian tentang hal ini (misalnya jika kamu merencanakan wawancara, siapa yang akan kamu wawancarai? Berapa banyak wawancara yang akan kamu lakukan? Apakah akan ada masalah akses?). Bagian ini juga harus menjelaskan bagaimana kamu akan menganalisis temuan penelitian.

6. Tujuan Penelitian

Proposal harus menunjukkan orisinalitas penelitian yang Anda maksudkan. Oleh karena itu kamu harus menjelaskan mengapa penelitian kamu penting (misalnya, dengan menjelaskan bagaimana penelitian kamu dibangun dan menambah pengetahuan terkini di lapangan atau dengan menetapkan alasan mengapa tepat waktu untuk meneliti topik yang kamu usulkan).

7. Daftar Pustaka

Proposal harus menyertakan bibliografi singkat yang mengidentifikasi karya paling relevan untuk topik kamu.

2. Proposal Kegiatan

Ikuti struktur proposal kegiatan ini saat kamu ingin menyusun proposal kuliah untuk kegiatan-kegiatan berkaitan dengan perkuliahan.

1. Nama Kegiatan 

Struktur yang proposal kegiatan yang paling utama adalah nama kegiatan atau judul. Bagian ini menjelaskan supaya penerima proposal tahu kegiatan apa yang akan dilaksanakan. 

2. Pendahuluan 

Pada bagian pendahuluan menampilkan alasan kegiatan yang ada dalam proposal. Jelaskan juga latar belakang dari membuat acara tersebut. Poin-poin penting terkait dari kegiatan yang akan dilaksanakan.

3. Tujuan Kegiatan 

Tujuan kegiatan diisi dengan maksud dan alasan dari kegiatan tersebut. Dalam menyusun tujuan kegiatan harus mencakup dengan aktivitas yang akan dilakukan dan berfungsi dengan hal-hal positif. 

4. Sasaran Kegiatan 

Dalam bagian ini berisi dengan informasi siapa sasaran dari kegiatan yang akan dilakukan. Menjelaskan tujuan dari kalangan atau kelompok mana yang akan ikut serta dalam kegiatan acara tersebut. 

5. Waktu dan Tempat Pelaksanaan

Dalam proposal harus disertakan dengan jadwal kegiatan seperti hari, tanggal, bulan dan tahun serta rentang waktu selama kegiatan dilaksanakan. Tidak lupa juga dengan tempat kegiatan harus dijelaskan.

6. Susunan Acara

Susunan acara atau rundown harus disusun panitia berisi daftar kegiatan yang akan dilaksanakan, berserta jam pelaksanaannya.

7. Kepanitian 

Susunan kepanitian harus dimasukkan dalam proposal kegiatan acara. Bertujuan untuk pembaca mengetahui siapa yang akan bertanggung jawab dalam melaksanakan acara. Susunan panitia ditulis dengan menyebutkan nama serta jabatan dan tugas yang harus dilakukan.

8. Anggaran Dana 

Ini merupakan bagian yang penting untuk kamu yang ingin mengajukan dana untuk kelangsungan acara. Dalam baian ini berisi kalkulasi anggaran biaya yang diperlukan untuk penyelenggaraan acara. Dengan begitu pihak sponsor atau donator dapat mengetahui dengan jelas.

9. Penutup

Bagian terakhir adalah penutup. Kamu cukup menjelaskan dengan ringkas isi dari proposal ini. Masukkan kata-kata yang mengandung ajakan agar pembaca menyetujui. 

Setelah mengetahui tujuan dan struktur dari proposal, kamu dapat menyusun proposal kuliah dengan baik. Proposal biasanya harus sekitar 2.500 kata. Penting untuk diingat bahwa badan pendanaan tertentu mungkin memiliki batasan kata yang berbeda.

Contoh Proposal Acara

Contoh proposal Penelitian

Ilustrasi bertemu calon mertua.

Berapa Usia Seseorang Dianggap Tua?

Pertanyaan muncul mengenai kapan tepatnya "usia tua" mulai terasa. Beberapa merasa sudah "tua" saat mencapai 40-an, sementara yang lainnya merasakannya setelah umur ini.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024