Sebanyak 1.498 Diterima Sebagai Calon Mahasiswa di Unpad Lewat Jalur SNBP 2023

Gedung Rektorat Unpad Jatinangor. Sumber: youtube.com
Sumber :
  • U-Report

VIVA Edukasi – Pengumuman Seleksi Nasional Berbasis Prestasi atau SNBP telah dibuka pada Selasa, 28 Maret 2023 kemarin sekira pukul 15.00 WIB di laman pengumuman SNBP 2023. Salah satu kampus favorit pilihan para siswa SMA adalah Universitas Padjadjaran (Unpad).

Aksi Ibu-ibu Naik Motor Nekat Lawan Arah, Warganet: Ras Terkuat di Jalanan

Hal ini diungkap oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad Prof. Arief S. Kartasasmita yang mengatakan bahwa total pendaftar Unpad berdasarkan pilihan 1 adalah sebanyak 21.998 orang dan total pendaftar pilihan 2 sebesar 36.228 orang. 

Prof. Arief S. Kartasasmita juga mengatakan bahwa untuk tahun ini Unpad menerima calon mahasiswa baru lewat jalur SNBP berjumlah 1.498 orang. Pada tahun ini, Unpad sendiri membuka tiga jalur masuk dengan kuota tertentu. 

Lionel Messi Butuh Bantuan 'Orang Dalam' untuk Tampil di Piala Dunia Antarklub 2025

Gedung Rektorat Unpad Jatinangor. Sumber: youtube.com

Photo :
  • U-Report

“Segera melakukan daftar ulang. Tidak ada perubahan dan panggilan susulan seperti yang sudah diumumkan di laman pengumuman SNBP,” ujar Prof. Arief seperti dilansir dari laman resmi Universitas Padjadjaran. 

Tips Aman Mengemudi di Jalur Contraflow

Tahun ini, terdapat tiga program studi di Unpad yang masuk ke dalam 20 program studi terketat di Indonesia. Tiga prodi tersebut antara lain Ilmu Komunikasi dengan tingkat keketatan 1,34 persen, Manajemen (1,37 persen), dan Teknik Informatika (1,39 persen).

Sementara itu, prodi Psikologi menjadi jurusan dengan jumlah peminat terbanyak di Unpad, sekitar 2.207 orang mendaftar di jurusan tersebut. Kemudian disusul dengan Ilmu Hukum sebanyak 2.195 pendaftar, Ilmu Keperawatan sebanyak 2.123 pendaftar, Manajemen 2.043 pendaftar, dan Pendidikan Dokter 1.559 pendaftar. 

Sementara menurut tingkat keketatan, Ilmu Komunikasi menjadi prodi terketat di Unpad dengan keketatan 1:77, disusul dengan Manajemen 1:76, Teknik Informatika 1:76, Psikologi 1:53, dan Bisnis Digital 1:52.

Shuttle bus Unpad

Photo :
  • VIVA.co.id/Siti Sarifah Aliah

Sesuai dengan kebijakan pendaftar program studi SNBP 2023 yang terbuka oleh seluruh pendaftar dari berbagai bidang keilmuan, sebanyak 10 persen dari total yang diterima oleh Unpad adalah pendaftar dari lintas jurusan. 

Prof. Arief juga mengimbau kepada peserta yang lulus SNBP supaya memanfaatkan kesempatan yang telah diberikan, yaitu dengan mengambilnya dan melakukan pendaftaran ulang. Sebab, seleksi SNBP tahun ini sangat ketat lantaran kebijakan dibukanya pendaftar dari berbagai lintas disiplin ilmu. 

“Untuk yang belum diterima dan berminat ke unpad, silakan manfaatkan jalur SNBT dan mandiri Unpad,” kata Prof. Arief.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya