SDN Sumer Payung Sumbawa Gelar Pesantren Kilat di Bulan Ramadan

Siswa SDN Sumer Payung Sumbawa Gelar Pesantren Kilat di Bulan Ramadan
Sumber :
  • irwan (Sumbawa-NTB)

VIVA Edukasi – Berbagai kegiatan keagamaan dilakukan oleh para guru untuk mengisi kegiatan di sekolah selama bulan Ramadan. 

Brimob Gadungan di NTB Nekat Curi Motor Warga, Begini Modusnya

Salah satunya, di SDN Sumer Payung, Kecamatan Labuan Badas, Kabupaten Sumbawa, menggelar kegiatan pesantren kilat serta salat dhuha dan mengaji bersama. 

Kepala SDN Sumer Payung, Wahyuti, S.Pd, menyampaikan, program keagamaan yang dilaksanakan selama bulan puasa ini terbagi dalam beberapa kegiatan di antaranya, program harian dan mingguan. 

Heboh Pesawat Wings Air Hilang Kontak di Flores, Manajemen Kasih Penjelasan

"Program yang kami laksanakan ada program harian, program harian terdiri dari kegiatan shalat dhuha pukul 07.00," katanya, Selasa (4/4).

Siswa SDN Sumer Payung Sumbawa Gelar Pesantren Kilat di Bulan Ramadan

Photo :
  • irwan (Sumbawa-NTB)
442 Narapidana Lapas Sumbawa Besar Terima Remisi Khusus Hari Raya Idul Fitri 2024

Kegiatan salat dhuha dilaksanakan secara berjamaah pagi hari di halaman sekolah, sebelum jam belajar mengajar dimulai pukul 08.00 wita. 

"Sebelum masuk kelas untuk memulai belajar mengajar, anak anak melaksanakan salat dhuha, berdoa bersama, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan mengaji bersama dan belajar membaca Al-Quran," katanya. 

Ada juga kegiatan mingguan setiap jum'at dilaksanakan yasinan yang diikuti oleh semua siswa muslim. 

"Kalau kegiatan membaca surat Yasin ini bukan hanya di bulan Ramadhan saja, itu kita lakukan rutin dan sudah menjadi program sekolah," ungkapnya.

Dijelaskan, pada tanggal 10 April sampai tanggal 17 April 2023 akan ada kegiatan pengumpulan Zakat Fitrah yang akan dibagikan kepada peserta didik. Tanggal 18 April 2023 ada kegiatan buka puasa bersama.

Adapun kegiatan di bulan suci Ramadhan lainnya adalah pesantren kilat yang akan dilaksanakan dari tanggal 15 April sampai tanggal 17 April 2023. 

"Pesantren kilat akan diisi dengan berbagai macam kegiatan seperti, pendalaman materi, kemudian ceramah, macam macam lomba seperti lomba cerdas cermat, lomba menghafal surat surat pendek, kemudian lomba adzan serta lomba pemilihan Dai Cilik (pildacil)," jelas Kepala SDN Sumer Payung.

Bagi para juara, lanjut Wahyuti S.Pd, masing masing akan mendapat hadiah dan penghargaan. 

"Bagi para juara nanti akan mendapat reward atau penghargaan. Kita kasih anak anak piagam saja, piagam penghargaan," jelasnya.

Diharapkan dengan kegiatan ini, akan bisa terlaksananya visi dan misi sekolah salah satunya menciptakan manusia yang beriman. 

"Dasar kami melaksanakan kegiatan Ramadhan ini adalah untuk terlaksananya visi, misi sekolah kita salah satu adalah menciptakan manusia yang beriman dan bertaqwa. Kegiatan Ramadhan adalah wujud realisasi dari visi sekolah supaya dapat terlaksana," pungkasnya. (Irwan/tvOne/Sumbawa)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya