Kenapa Allah Merahasiakan Kapan Jatuhnya Malam Lailatul Qadar?

Ilustrasi malam Lailatul Qadar.
Sumber :
  • http://informasikankerservik.blogspot.com

VIVA Edukasi – Malam lailatul qadar jadi satu waktu yang sangat istimewa saat bulan ramadhan. Umat ??muslim yang beribadah pada malam itu dikatakan akan diganjar pahala berlipat ganda sampai 1000 bulan atau kurang lebih 83 tahun.

Ninja Xpress: Pengiriman Paket Melonjak 20 Persen saat Ramadhan 2024

Menurut Muhyiddin Ibnu Arabi dalam Ahkamul Quran, malam lailatul qadar menjadi kado istimewa bagi umat Nabi Muhammad yang tak tertandingi oleh apapun.

Malam Lailatul Qadar.

Photo :
  • U-Report
Meninggalnya Babe Cabita Ternyata Bikin Para Sahabat Iri, Kok Bisa?

Tetapi, ada banyak perbedaan pendapat tentang waktu malam Lailatul Qadar. Ibnu Hajar al-Asqalani dalam Fathul Bari menghimpun sebanyak kurang lebih 45 pendapat. Hanya saja, menurut Ibnu Hajar, pendapat yang paling unggul adalah yang mengatakan terjadi pada tanggal yang ganjil.

Lebih spesifik lagi, Imam Syafi'i mengatakan bahwa tanggal 21 dan 23 Ramadhan yang paling potensial. Lain lagi dengan pendapat mayoritas ulama yang mengatakan malam tanggal 27 Ramadhan.

Fourtwnty Tutup Jakarta Lebaran Fair dengan Manis 

Pendapat yang terakhir itu juga didukung oleh Syekh Nidzamuddin an-Naisaburi dalam Graraib al-Qur’an wa Raghaib al-Furqan. 

Apa alasan Allah tidak menyebutkan tanggal pasti jatuhnya lailatul qadar saat bulan Ramadhan? Dikutip dari NU Online, Rabu, 12 April 2023, ada hikmah agung di balik dirahasiakannya malam lailatul qadar.

Menurut Syekh Fakhruddin al-Razi dalam Mafatih al-Ghaib menjelaskan bahwa dalam beberapa hal terkait waktu memperoleh keutamaan dan balasan pahala besar dalam ibadah, sengaja Allah rahasiakan agar manusia berlomba-lomba memperolehnya. Di mana pun dan kapan pun. Tanpa memandang waktu ataupun tempat tertentu

Ilustrasi malam lailatul qadar.

Photo :
  • U-Report

Penjelasan serupa juga bisa ditemui dalam Fathul Bari oleh Ibnu Hajar bahwa malam Lailatul Qadar sengaja Allah rahasiakan agar manusia berlomba-lomba dan bersungguh-sungguh beribadah pada seluruh malam di bulan Ramadhan untuk meraih malam agung itu.

Berbeda jika sudah ditentukan malam tanggal sekian. Pasti kesungguhan ibadahnya hanya malam itu saja.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya