1.570 Mahasiswa Unimed Jalani KKN, Tersebar di 13 Kecamatan Deli Serdang

1.570 mahasiswa Unimed KKN di Deli Serdang.
Sumber :
  • Dokumen Pemkab Deli Serdang

Medan - Sebanyak 1.570 mahasiswa Universitas Negeri Medan (Unimed) menjalani Kuliah Kerja Nyata (KKN) tahun 2023, yang disebar di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Kegiatan tersebut, berlangsung 10 Juli hingga 19 Agustus 2023.

Kasus TPPO Mahasiswa di Jerman, Polri Ajukan Red Notice ke Interpol

Upacara pelepasan ribuan mahasiswa KKN Unimed itu, dipimpin langsung oleh Staf Ahli Kemasyarakatan dan SDM Setda Deli Serdang, Drs David Efrata Tarigan MSP di di Alun-Alun Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deli Serdang, Senin 10 Juli 2023.

"Dengan konteks ini, maka mahasiswa sebagai agen perubahan harus mampu memposisikan dan menyesuaikan diri dengan masyarakat selama mengikuti kuliah kerja nyata (KKN)," sebut David sekaligus mewakili Bupati Deli Serdang, H Ashari Tambunan.

Waktu Pendaftaran Mahasiswa Baru Institut Teknologi PLN Tahun 2024/2025 Diperpanjang

Dihadapan ribuan mahasiswa Unimed itu,  David mengungkapkan sebagai kaum intelektual dan agen pembangunan, sudah seharusnya mahasiswa memperkaya diri, dengan berbagai pengetahuan dan kapasitas dengan semangat Tri Dharma perguruan tinggi yang menjadi roh bagi mahasiswa.

"Mahasiswa harus bisa beradaptasi membantu mengatasi permasalahan di masyarakat, salah satunya melakukan pemberdayaan potensi masyarakat desa setempat menuju peningkatan kesejahteraan lebih baik," ucap David.

Brigjen Nurul Bicara Strategi STIK Lemdiklat Cetak Pemimpin Polri yang Mumpuni

Dengan itu, di samping belajar, David menjelaskan bahwa mahasiswa juga dituntut untuk melakukan penelitian yang akan diabdikan kepada masyarakat. Sehingga, nantinya memiliki kesiapan dalam mengikuti semua program belajar dan pembelajaran.

Universitas Negeri Medan (Unimed)

Photo :
  • unimed.ac.id

"Dan pada akhirnya, tidak hanya berdampak pada kelancaran dan kesuksesan dalam menempuh pendidikan, tapi juga memberi kontribusi pemikiran bagi suksesnya pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Deli Serdang," jelas David.

David mengatakan sebagai mahasiswa yang yang siap meraih sukses, harus mampu berkreasi dan berinovasi dalam melihat kondisi dan potensi yang ada. Maka dari itu, diharapkan mahasiswa KKN Unimed bisa menggali potensi di desa agar nantinya menjadi bekal dalam menjalani hidup dan meraih masa depan gemilang.

"Saya imbau agar bisa mengikuti dan menjalani KKN dengan baik serta cepat beradaptasi terhadap lingkungan dengan membangun hubungan harmonis melalui kerjasama yang baik dengan masyarakat. Hindari hal-hal yang bisa memicu konflik dengan masyarakat dan digunakan kesempatan ini dengan serius dan maksimal untuk mengasah kepekaan serta nalar pengetahuan," tutur David.

David menilai kehadiran mahasiswa KKN tidak hanya memberi dampak positif akademik, tapi bisa memberi manfaat dan kontribusi nyata bagi masyarakat Deli Serdang. 

"Atas nama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deli Serdang, saya mengucapkan terima kasih atas dijadikannya Deli Serdang sebagai tempat pelaksanaan program kuliah kerja nyata," ucap Staf Ahli.

Sementara itu, Wakil Dekan I Fakultas Ekonomi Unimed, Dr Eko Wahyu Nugrahadi MSi, menyebutkan mahasiswa KKN Unimed di Deli Serdang sebanyak 1.570 orang yang akan tersebar di 71 desa di 13 kecamatan di Kabupaten Deli Serdang.

"Dalam pelaksanaannya, tentu kerjasama dari kepala desa maupun perangkat desa, kecamatan dan kabupaten sangat diperlukan. Sehingga, program yang direncanakan dapat berjalan baik dan lancar," ucapnya.

Ada prinsip-prinsip yang harus dipegang mahasiswa, antara lain wajib melibatkan perangkat desa dan masyarakat, serta organisasi maupun lembaga terkait. Prinsip kedua, program yang dilaksanakan sesuai dengan kemampuan masing-masing mahasiswa.

Ketiga adalah sustainable atau berkelanjutan. Program yang dilaksanakan tidak berakhir ketika selesai KKN, tapi wajib membuat program dengan melibatkan perangkat-perangkat desa, masyarakat dan diwariskan kepada masyarakat. Terakhir adalah program yang dilaksanakan bisa diterima masyarakat umum.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya