Jumlah Guru di Sumatera Utara Belum Ideal

Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi.
Sumber :
  • VIVA | BS Putra

Sumatera UtaraGubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi menyebutkan untuk saat ini, pemerataan guru di Sumut jauh dari kata ideal. Menurut mantan Pangkostrad, idealnya pemerataan guru sebanyak 24 ribu guru.

Xtrim Medan Gelar Event MAX-5, akan Dihadiri Ratusan Pencinta Trail di Indonesia

Gubernur Edy menjelaskan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut baru sanggup menyiapkan anggaran menggunakan APBD Sumut, untuk 2.000 guru secara bertahap untuk menaikkan status dari honor jadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). 

Sedangkan, untuk 891 guru pada anggaran APBD Sumut 2022. Pemprov Sumut juga menambahkan kouta PPPK guru untuk 1.000 orang pada 2023 dan masih dalam proses pengajuan.

Buka Pendaftaran Bakal Calon Kepala Daerah, Nasdem Sumut: Tanpa Mahar

"Menurut saya, kebutuhan guru ideal untuk Sumut berjumlah 24.000 guru. Ini sudah saya hitung, 24.000," sebut Gurbernur Edy dikutip VIVA, Sabtu 22 Juli 2023.

Dengan begitu, Gubernur Edy pun mengharapkan para guru bekerja maksimal, karena guru memiliki peran penting menentukan nasib bangsa. 

Ada Rp 48,5 Miliar Uang Milik Bupati Labuhanbatu yang Sudah Disita KPK

“Guru ini sangat penting, ada di pundak kalian bangsa ini, nanti kalian lihat 30 tahun yang akan datang, yang gantikan aku di sini banyak calonnya,” ucap mantan Ketua Umum PSSI itu.

Gubernur Edy juga mengingatkan, guru harus memiliki keterampilan mengajar yang baik. Guru juga dituntut bisa menyesuaikan diri dengan zaman. Menurutnya, ada beberapa tingkat kompetensi yang didapat siswa melalui guru di antaranya, mampu hingga mahir.

Tidak hanya itu, guru juga mesti mengajarkan siswanya mengenai akhlak dan sebagainya. Menurutnya, untuk menjadi pemimpin masa depan, diperlukan akhlak dan budi yang baik. 

“Tak peduli orang mana pun, orang bisa menjadi pemimpin yang baik kalau dia cerdas, punya akhlak dan adil. Ini tergantung guru ngajar, budi pekerti. Terus didik yang bagus,” tutur mantan Pangdam I Bukit Barisan itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya