ICATI Adakan Pameran Pendidikan, Taiwan Jadi Pilihan Banyak Pelajar Untuk Lanjut Perguruan Tinggi

Taiwan National University
Sumber :

VIVA Edukasi – Taiwan menjadi salah satu negara favorit pelajar Indonesia untuk menuntut ilmu ke jenjang yang lebih tinggi. 

Apakah Sekolah Masih Penting? Apakah Generasi Muda Harus Memiliki Cita-Cita?

Taiwan adalah tujuan yang menarik bagi banyak mahasiswa internasional karena menawarkan berbagai program kuliah yang berkualitas tinggi, khususnya dalam bidang teknologi, sains, dan bahasa. 

Beberapa perguruan tinggi terkenal di Taiwan adalah National Taiwan University (NTU), National Tsing Hua University (NTHU), dan National Chiao Tung University (NCTU).

5 Negara Paling Tidak Ramah Vegetarian di Asia, Ada Korea Selatan dan Jepang

Proses penerimaan dan persyaratan kuliah untuk mahasiswa internasional dapat bervariasi antara universitas dan program studi. Biasanya, mahasiswa internasional harus mengajukan aplikasi secara online dan mengirimkan transkrip akademik, sertifikat bahasa, hingga surat rekomendasi.

Ikatan Citra Alumni Taiwan se- Indonesia

Photo :
  • VIVA Edukasi
Gandeng IEP, Kemenag Buka Peluang Sinergi dengan Perguruan Tinggi Amerika

Hal ini ternyata juga menjadi perhatian para alumnus pelajar Indonesia yang pernah bersekolah di Taiwan. 

Maka dari itu, Ikatan Citra Alumni Taiwan se- Indonesia (ICATI) mengadakan education fair atau pameran pendidikan, yang bekerjasama langsung dengan Kementerian Pendidikan Taiwan serta Kantor Ekonomi dan Perdagangan Taiwan (TETO) di Jakarta. 

"Kami dari ICATI didukung oleh TETO untuk melaksanakan education fair ini, sebagai bagian dari dorongan untuk para pelajar Indonesia mengambil pendidikan tinggi di Taiwan," ujar Ijoh Dulong selaku Ketua Umum ICATI, dalam press conference di Yun Artified Conference Hall, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Barat, Jumat 4 Agustus 2023. 

Acara bertajuk 2023 Taiwan Higher Education Fair Indonesia (THEIFI) ini dibuka untuk umum, khususnya bagi para orangtua dan siswa yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi ke Taiwan. 

Acara akan berlangsung selama sepekan, dibuka di Jakarta Sabtu 12 Agustus 2023, lalu Pekanbaru 13-14 Agustus 2023 dan ditutup di Medan 16-17 Agustus 2023. “Kali ini, pameran pendidikan akan digelar di tiga kota besar di Indonesia, yaitu Jakarta, Pekanbaru dan Medan. Adapun pameran pendidikan dimulai pada tanggal 12 Agustus di Jakarta, 13 - 14 Agustus di Pekanbaru dan 16 - 17 Agustus di Medan,” Simon Hu selaku Ketua ICATI Jakarta. 

2023 THEFI bertujuan untuk meningkatkan pertukaran program studi antara universitas dan sekolah menengah di Indonesia dengan universitas di Taiwan. Di mana target perekrutan ialah siswa SMA, SMK, sarjana dan pascasarjana.

Semakin menarik, sebanyak 47 universitas terkemuka dari Taiwan akan berpartisipasi dalam pameran ini. 108 perwakilan universitas, terdiri dari para Rektor, Wakil Rektor, Direktur, dan Pejabat Departemen Urusan Internasional dari universitas-universitas terkemuka Taiwan, akan hadir secara langsung dalam pameran untuk memperkenalkan sekolah masing-masing dan menjajaki kerja sama yang saling menguntungkan dengan universitas dan sekolah menengah di Indonesia. 

Dengan diadakannya acara ini, selain dalam pendidikan, juga diharapkan semakin memperkuat persahabatan Indonesia dengan Taiwan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya