Hidup dengan Mengontrak Rumah Bisa Sebabkan Penuaan Dini, Masa Iya?

Ilustrasi suasana rumah
Sumber :
  • bustle.com

VIVA Edukasi – Masyarakat perkotaan identik dengan pilihan mengontrak rumah. Selain terbilang menghemat biaya, menyewa rumah jadi solusi keterbatasan ekonomi. Namun siapa sangka di balik sisi positif mengontrak rumah, ada dampak kesehatan yang mengejutkan yang dialami seorang.

Kesaksian Warga, Gempa Garut Dirasakan Besar dan Terdengar Rumah Gemeretak dan Kaca Bergetar

Dilansir dari New Atlas, Senin 16 Oktober 2023, sebuah studi baru yang dilakukan oleh para peneliti dari Universitas Adelaide, Australia Selatan, telah mengungkapkan bahwa menyewa rumah secara pribadi memiliki hubungan erat dengan penuaan biologis atau penuaan dini yang lebih cepat.

Ilustrasi mengecat rumah

Photo :
  • Istimewa
Rumah di Jaktim Roboh saat Renovasi, 1 Warga Tewas Tertimpa

Para peneliti berpendapat secara biologis, seseorang yang mengontrak rumah bisa tampak lebih tua daripada usia sebenarnya. Hal ini terlepas dari usia kronologis yang dihitung berdasarkan tanggal dan tahun lahir mereka. Studi ini memberikan sorotan yang penting pada hubungan antara menyewa perumahan dan kesehatan.

Para peneliti menggunakan data survei sosial dan informasi epigenetik, yang mengukur metilasi rantai DNA, untuk memahami bagaimana perumahan mempengaruhi kesehatan. Metilasi DNA adalah perubahan kimia pada DNA yang bisa dipengaruhi oleh perilaku dan lingkungan, tanpa mengubah kode genetik itu sendiri.

Detik-detik Begal Taksi Online di Jakbar Gagal Gegara Portal Komplek Ditutup Semua

Studi ini melibatkan 1.420 responden dari Studi Longitudinal Rumah Tangga Inggris dan Survei Panel Rumah Tangga Inggris. Para peneliti mempertimbangkan berbagai elemen perumahan, termasuk kepemilikan tanah, jenis bangunan, dukungan keuangan dari pemerintah, dan lokasi perumahan.

Mereka juga mempertimbangkan elemen psikososial seperti biaya perumahan, tunggakan pembayaran, dan kepadatan penduduk.

Penelitian yang juga dipublikasikan lewat Jurnal Epidemiologi & Kesehatan Masyarakat ini, para peneliti mempertimbangkan faktor lain yang dapat memengaruhi penuaan biologis. Mulai dari jenis kelamin, pendidikan, status sosial ekonomi, pola makan, stres, kesulitan keuangan, berat badan, dan merokok.

Ilustrasi rumah/hunian.

Photo :
  • Freepik/jcomp

Hasilnya menunjukkan bahwa pengontrak rumah mengalami penuaan biologis yang lebih cepat dibandingkan dengan pemilik rumah. Dampaknya hampir dua kali lipat dibandingkan pengangguran dan 50% lebih besar dibandingkan mantan perokok.\

Namun, perlu dicatat bahwa tinggal di perumahan umum dengan biaya rendah dan keamanan kepemilikan yang lebih besar tidak memengaruhi penuaan biologis secara signifikan, meskipun biasanya memiliki stigma sosial tertentu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya