Salut! Kisah Mantan Guru Honorer yang Berhasil Dirikan Sekolah Gratis dari Hasil Jualan Sapu Ijuk

Ahmad Jamaludin
Sumber :
  • TiKTok

Cianjur – Sebuah video penuh inspirasi baru-baru ini viral di media sosial. Masih dalam momen perayaan Hari Guru Nasional, berikut ini kami bagikan kisah penuh inspiratif dari seorang mantan guru honorer yang sukses membangun sekolah gratis bagi orang-orang yang kurang mampu. Penasaran? Scroll terus untuk baca kisah selengkapnya.

Workshop Makin Cakap Digital, Membentuk Kesadaran Etika Berjejaring bagi Guru dan Murid Sorong Papua

Putuskan Berhenti dan Jualan Sapu

10 Tips Mencegah Aksi Kekerasan Antar Siswa di Sekolah

Rasa cinta pada dunia pendidikan bagai darah yang mengalir dalam sosok seorang Ahmad Jamaludin. Siapakah dia? Nama seorang mantan guru honorer di Cianjur ini baru-baru ini viral di media sosial. Dia adalah Ahmad Jamaludin.

Ahmad Jamaludin merupakan seorang mantan guru honorer yang sukses membangun sekolah gratis dari jeri payahnya sendiri. Ahmad Jamaludin sukses mendirikan sekolah graits SMP IT Pancuh Tiluh, Cianjur.

Kota Ini Sahkan Undang-undang yang Izinkan Guru Bawa Senjata Api ke Sekolah

Setelah hampir 10 tahun mengabdi menjadi Guru Honorer di desanya dengan penghasilan yang bisa kita ketahui sangat minim dan mungkin bisa dibilang pas-pasan, dirinya memutuskan untuk berhenti dari profesi membanggakannya tersebut. 

Kemudian, ia merantau ke kota karena kondisi perekonomiannya. Meskipun dalam perekonomian yang pas-pasan, mantan guru honorer ini justru kembali tergerak hatinya untuk bisa memajukan pendidikan di desanya.

Hanya bermodalkan jualan sapu ijuk, kini Ahmad Jamaludin bisa mewujudkan harapannya untuk desa setempat dimana ia tinggal. 

Ahmad sang mantan Guru Honorer, bertekad membangun SMP dan PAUD gratis untuk anak-anak di Cianjur. Tidak hanya itu, Ahmad juga menyediakan tempat tinggal untuk beberapa murid yang kurang mampu dan membiayai kebutuhan mereka sehari-hari. 

Cerita singkat penuh inspiratif ini diketahui melalui berbagai unggahan video yang viral di TikTok, salah satunya pemilik akun @daaitvindonesia.

Diajarkan Bikin Sapu Ijuk

Tak hanya diberikan pendidikan secara gratis, Ahmad juga memberikan kemampuannya dalam membuat sapu ijuk secara cuma-cuma. Para murid sengajar diajarkan membuat sapu ijuk, agar mereka bisa membeli keperluan sekolah dan membantu ekonomi keluarganya.

Reaksi Warganet

Sontak saja sosok mantan guru honorer asal Cianjur ini sukses membuat decak kagum sejumlah warganet lantaran kisahnya yang luar biasa. Tak sedikit yang merasa bangga dan salut atas pencapaiannya itu meskipun hanya seorang penjual sapu ijuk.

Tak sedikit yang mendoakan jika pria bernama Ahmad Jamaludin ini bisa menjadi Menteri Pendidikan kedepannya.

"yang kek gini mah di angkat pns tanpa tes pun pantas," sahut warganet lain.

"the real bapak pendidikan dan menteri pendidikan," kata lainnya.

"kagak bisa bayangin amal nya sebanyak dan setinggi apa ya pak ahmad keren banget." sahut warganet lain.

"pemerintah daerah kemana," tulis lainnya.

"hallo pemerintah lu sadar gak sih," kata lain.

"Semoga suatu saat nanti bisa jadi menteri pendidikan ya pak," sahut warganet.

"Pak, ini bukan sederhana. Tp super luar biasa. Yg mapan aja kdang tak bisa berbuat seperti ini Krn mkir. Pak doa seluruh penjuru akn bergema buat bpak," tulis lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya