Alumni FH Unsri Bersinergi dengan Fakultas untuk Tegakkan Hukum di Indonesia

Alumni FH Unsri Bersinergi dengan Fakultas untuk Tegakkan Hukum di Indonesia
Sumber :
  • Istimewa

Palembang – Dekan Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya (Unsri), Febrian mengukuhkan 131 orang Pengurus Ikatan Alumni Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya (Ika FH Unsri) masa bakti 2023-2027. Adapun, Patra M Zen didapuk jadi Ketua Umum Ika FH Unsri.

Gandeng IEP, Kemenag Buka Peluang Sinergi dengan Perguruan Tinggi Amerika

Febrian mengatakan sinergi dan koordinasi yang baik antara alumni dengan fakultas perlu dibangun untuk bisa berkontribusi dalam penegakan hukum yang berkeadilan di Indonesia. Sebab, dia berpandangan banyak alumni yang lantang menyuarakan hukum dan hak asasi manusia.

Universitas Sriwijaya

Photo :
  • unsri.ac.id
Yandri Klaim Seluruh DPW dan DPD PAN Ingin Zulhas Kembali Ketua Umum

“Memang harus sinergi, meski banyak alumni yang menyuarakan aspirasi hukum dan hak asasi manusia", kata Febrian melalui keterangannya pada Senin, 27 November 2023.

Sementara Ketua Umum (Ketum) Ika FH Universitas Sriwijaya, Patra M Zen mengatakan memang alumni perlu memberikan kontribusi positif bagi penegakan hukum di Indonesia. Menurut dia, kepentingan pribadi atau kelompok harus dikalahkan dengan kepentingan bangsa.

Kronologi Penganiayaan Siswa SMPN 55 Barombong dan Penangkapan 4 Pelaku

“Semua alumni mesti mendahulukan kepentingan Negara Kesatuan Republik Indonesia daripada kepentingan pribadi dan golongan," kata Patra.

Bahkan, Patra mengutip pernyataan dari Tan Malaka selaku bapak republik, bahwa idealisme adalah kemewahan terakhir yang hanya dimiliki pemuda. Maka, Patra ingin mengingatkan para mahasiswa agar kritis terhadap situasi dan kondisi penegakan hukum di Indonesia. 

"Ika FH Unsri mendukung penuh gerakan mahasiswa untuk memperjuangkan tegaknya negara hukum yang demokratis dan berkeadilan," ujarnya.

Ilustrasi hukum

Photo :
  • Pixabay

Diketahui, prosesi pengukuhan diawali dengan pembacaan ikrar bersama para pengurus, berjanji untuk senantiasa menjalankan amanah dan menaati peraturan organisasi untuk memberikan yang terbaik bagi Alma Mater, masyarakat, bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Turut hadir dalam pengukuhan antara lain Abdul Azis Numal (Dekan FH Unsri periode 1994 - 1997), Rasyid Ariman (Dekan FH Unsri periode 2005 - 2009) dan Joni Emirzon, Guru Besar Ilmu Hukum Universitas Sriwijaya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya