Universitas Mercu Buana Buktikan Kualitas Pendidikan dengan Pengukuhan 3 Guru Besar Baru

Pengukuhan Guru Besar Universitas Mercu Buana
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta  – Kehadiran guru besar dalam sebuah perguruan tinggi tidak hanya menandai keunggulan sebuah universitas dalam merekrut dan mempertahankan tenaga pengajar berkualitas, tetapi juga mencerminkan komitmen universitas dalam memajukan pengetahuan dan memberikan pengalaman belajar yang berkualitas kepada mahasiswa. 

Gandeng IEP, Kemenag Buka Peluang Sinergi dengan Perguruan Tinggi Amerika

Hal tersebut dikemukakan Prof. Dr. Andi Adriansyah, M. Eng., Rektor Universitas Mercu Buana (UMB), dalam sambutannya pada acara Pengukuhan Guru Besar di Universitas Mercu Buana.

Pada Rabu 7 Februari 2024, Universitas Mercu Buana kembali menggelar acara Pengukuhan Guru Besar atas nama Prof. Dr. Suraya, M. Si dari Bidang Ilmu Komunikasi, Prof. Dr. Setyo Riyanto, M. M. dari Bidang Ilmu Manajemen, dan Prof. Dr. Nur Kholisoh, M. Si. dari Bidang Ilmu Komunikasi.

3 Tips Sukses bagi Generasi Muda, Panduan Lengkap untuk Meraih Profit Stabil

Ketiga guru besar baru itu melengkapi jumlah guru besar yang dimiliki perguruan tinggi yang didirikan Alm. H. Probosutedjo pada tahun 1985 silam menjadi 19 guru besar.

“Guru Besar merupakan aktor penting baik dalam dunia akademik maupun masyarakat luas. Dengan demikian perjalanan akademik seorang Guru Besar tidak hanya mengejar keunggulan dalam riset dan pengajaran, tetapi juga memahami pentingnya menjembatani kesenjangan antara ilmu pengetahuan dan kebutuhan ril masyarakat,” kata Andi.

Kemenag Bekali Pelatihan Guru dan Pengawasan RA untuk Cegah Stunting Melalui PAUD HI

Lebih lanjut Andi kembali menegaskan pengukuhan ini tidak hanya merupakan perayaan atas pencapaian individu, namun juga merupakan cerminan dari komitmen Universitas Mercu Buana dalam membina lingkungan yang penuh dengan keingintahuan intelektual, pemikiran kritis, dan keunggulan akademis.

“Universitas kami berdiri sebagai mercusuar pembelajaran, dan Ketiga Guru Besar yang akan dikukuhkan ini mewujudkan semangat inkuiri dan penemuan yang menjadi ciri khas kami,” tegas Profesor peneliti Robot Humanoid ini.

Hadir dalam acara Pengukuhan Guru Besar tersebut Prof. Dr. Toni Toharudin, S.Si., M.Sc., Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi wilayah III (LLDIKTI III) dan sejumlah tamu undangan penting kolega para guru besar terlantik serta para akademisi dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Kepala LLDIKTI III dalam sambutannya juga mengingatkan, bahwa saat ini proporsi jumlah guru besar di wilayah DKI Jakarta masih sangat kecil. Jumlahnya hanya 1,8% dari total 29.469 dosen dengan jabatan fungsional.

Pengukuhan Guru Besar Universitas Mercu Buana

Photo :
  • Istimewa

Universitas Mercu Buana termasuk perguruan tinggi yang turut menyumbang jumlah guru besar yang banyak di LLDIKTI III, yaitu 19 dari 536 guru besar.

“Data tersebut memperlihatkan adanya disparitas yang sangat tinggi antardosen dengan jabatan fungsional di wilayah perguruan tinggi swasta di DKI Jakarta. Disparitas ini menunjukkan perlu percepatan kelahiran guru besar baru untuk meningkatkan kualitas pendidikan di perguruan tinggi di Indonesia,” pungkas Toni.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya