Sinar Mas Land Dirikan Saung Baca untuk 44 Sekolah di Tangerang

Sinar Mas Land Dirikan Saung Baca Untuk 44 Sekolah di Tangerang
Sumber :
  • Sinar Mas Land

VIVA – Melalui PT Bumi Serpong Damai Tbk, Sinar Mas Land kembali memberikan bantuan kepada 44 sekolah, termasuk madrasah di sekitar Kota Tangerang Selatan. Bantuan ini diberikan secara bertahap mulai November 2023 hingga Januari 2024. 

Sambut Hari KI Sedunia, RuKI Bergerak Berikan Edukasi ke Seluruh Indonesia

Dilansir dari Sinar Mas Land pada Rabu 7 Februari 2024, kegiatan ini menunjukkan komitmen dan kepedulian Sinar Mas Land untuk menerapkan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan (CSR) yang bermanfaat bagi masyarakat setempat.

"Sinar Mas Land terus konsisten menjalankan program Bantuan Sekolah untuk meningkatkan aksesibilitas pendidikan bagi sekolah-sekolah yang telah bergabung pada Sekolah Berhati. Sekolah Berhati merupakan bagian dari program Bina Sekolah yang diinisiasi oleh Divisi Corporate Social Responsibility (CSR) Sinar Mas Land dan Green Initiative Sinar Mas Land khususnya CSR bidang pendidikan berkolaborasi dengan mengusung nilai-nilai berkarakter hijau, sehat dan inovatif yang berjalan sejak Maret 2011,”ungkap Dony Martadisata, Managing Director President Office Sinar Mas Land.

MTsN 1 Pati Kirim Tiga Siswa ke Thailand untuk Olimpiade Matematika Internasional

Sinar Mas Land Dirikan Saung Baca Untuk 44 Sekolah di Tangerang

Photo :
  • Sinar Mas Land

Dony berharap bahwa bantuan yang dia berikan akan menjadi manfaat yang positif bagi lembaga pendidikan di sekitar lokasi.

Gandeng IEP, Kemenag Buka Peluang Sinergi dengan Perguruan Tinggi Amerika

“Kami berharap bantuan ini akan berdampak dan bermanfaat bagi lembaga pendidikan di sekitar lokasi pengembangan perusahaan,” lanjutnya.

Untuk meningkatkan literasi, Sinar Mas Land luncurkan program Bantuan Sekolah dengan membangun saung baca. Selain itu, ada banyak hal yang dapat dilakukan, mulai dari membeli rak untuk sampah organik dan non-organik hingga membangun lahan resapan air dan komposter untuk mengolah sampah organik menjadi pupuk kompos. 

Sinar Mas Land juga bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup Tangerang Selatan dan praktisi pertanian untuk mengadakan workshop budidaya tanaman anggur sebagai bagian dari penghijauan sekolah, serta workshop budidaya maggot. Selain itu, sekolah akan menggunakan media biopond untuk mengkonversi sampah organik menjadi sampah biokonversi.

Sinar Mas Land Dirikan Saung Baca Untuk 44 Sekolah di Tangerang

Photo :
  • Sinar Mas Land

Supaya menunjang kegiatan pembelajaran P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) untuk memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitar, pihak sekolah yang mendapat bantuan harus menjalani peninjauan seleksi sebagai sekolah yang relevan dengan Sekolah Berhati.

“Saung baca yang didirikan oleh Sinar Mas Land memberikan manfaat untuk proses pembelajaran. Siswa juga merasa senang karena dapat pengalaman belajar di luar ruang kelas. Sejalan dengan hal tersebut, kami harap semoga saung baca dapat dimanfaatkan dengan maksimal oleh warga sekolah, dan kerja sama dengan Sinar Mas Land ini dapat terus berlanjut di masa depan.” pungkas Kepala Sekolah SDN Bambu Apus 02 Kecamatan Pamulang.

Kini, Sinar Mas Land tengah menggerakkan program Plastics to Books, program ini merupakan penukaran sampah plastik dengan sebuah buku bacaan. Untuk beberapa sekolah yang mendapatkan bantuan saung baca juga merupakan sekolah yang aktif dalam pengelolaan sampah plastik di lingkungan sekolah.

Melalui program Bina Sekolah, Sinar Mas Land telah berpartisipasi dalam mengembangkan pendidikan kepada ratusan sekolah termasuk madrasah di Kota Tangerang. 

Tentu, program ini telah melakukan serangkaian kegiatan dalam bentuk peningkatan kapasitas tenaga pendidik, bantuan pendidikan, bantuan sekolah advokasi kebijakan pengembangan pendidikan, serta pendampingan program pendidikan secara berkala. 

Melalui program ini, Sekolah Berhati berhasil meraih penghargaan Gold Winner melalui program CSR di bidang pendidikan dalam ajang Indonesia Sustainable Development Goals Award (ISDA) 2022. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya