Sekutu Iblis Mengintai di Bioskop! MUI Ungkap Pandangan Islam

Ilustrasi penampakan hantu
Sumber :
  • ghost-mistery.blogspot.com

VIVA – Ramuan cerita dalam kemasan film horor, masih menjadi film bergenre yang disukai oleh para penonton. Di bulan Maret ini, akan segera tayang film horor di bioskop Indonesia yang bertajuk Kuyang.

Dua Produser Film Pick Me Trips In Bali Asal Korea Selatan Dideportasi Imigrasi Ngurah Rai

Film horor kuyang, sekutu iblis yang selalu mengintai mulai tayang 7 Maret 2024. Film berdurasi 98 menit ini di sutradarai oleh Yongki Ongestu, yang diangkat dari novel karya Achmad Benbela. Para pemeran film yang diproduksi oleh Aenigma Pictures dan Visinema ini antara lain Dimas Aditya, Alyssa Abidin, Putri Ayudya, Elly D. Luthan, Egy Fedly, Totos Rasiti, dan Andri Mashadi.

Ilustrasi hantu.

Photo :
  • Pixabay/ NightMareDrug
Aturan Baru, Arab Saudi Izinkan Semua Jenis Visa Bisa Ibadah Umrah

Film Kuyang ini bukan hanya menjadi hiburan bagi penggemar horror, tetapi juga sebagai sarana yang memperkenalkan keberagaman budaya di Indonesia, khususnya dalam aspek kepercayaan, lantas bagaimana pandangan islam berhadap makhluk ghaib?

Wakil Sekretaris Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Abdul Muiz Ali memberikan penjelasannya terkait dengan bagaimana pandangan islam terhadap makhluk ghaib. Dalam perspektif Islam, keberadaan makhluk gaib seperti jin dan setan adalah sesuatu yang harus diyakini oleh umat Muslim karena disebutkan dalam Alquran.

PKB Perkuat Politik Islam dalam Pemerintahan Prabowo-Gibran, Menurut Pengamat

Apabila umat Muslim tidak percaya terhadap keberadaan jin, berarti tidak mempercayai terhadap apa yang disebutkan dalam Alquran.

“Wajib kita meyakini bahwa jin itu ada. Itu wajib kita meyakini karena disebut dalam Alquran. Jadi kalau orang enggak percaya tentang eksistensi keberadaan jin, berarti tidak percaya terhadap apa yang disebut dalam Alquran," kata kiai Muiz, di kutip dari laman MUI, Senin, 4 Maret 2024.

Menurut Kiai Muiz, setan adalah salah satu jenis jin yang memiliki kemampuan untuk mengganggu dan menyesatkan manusia. Namun di sisi lain, hantu dipercayai bahwa mereka adalah bagian dari jenis syaitan yang berusaha mengganggu dan memfitnah manusia. 

Namun, Kiai Muiz menekankan, hantu bukanlah manusia yang telah meninggal. Tetapi bisa jadi merupakan manifestasi dari setan yang menyerupai wujud manusia. Lantas bagaimana seorang muslim mengatasi rasa takut terhadap hantu?

Dalam islam, untuk mengatasi ketakutan terhadap hantu atau gangguan jin, umat muslim dianjurkan untuk membaca beberapa surah Alquran, seperti surah Al-Ikhlas, Ayat Kursi, dan Al-Fatihah. hal ini merupakan bagian dari upaya untuk melindungi diri dari gangguang makhluk gaib. Meski dalam Islam mengakui kebaradaan mahkluk gaib, Muiz menekankan, bahwa Islam mengajarkan umatnya untuk tidak terbawa oleh ketakutan terhadap hal-hal gaib. 

"Sebaliknya, umat Islam diajarkan untuk menyikapi hal-hal gaib dengan tenang dan menggunakan ikhtiar, seperti membaca ayat-ayat suci Alquran untuk menjaga diri dari gangguan jin dan setan," tutur Muiz.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya