5 Cara Cuci Muka yang Salah

Ilustrasi cuci muka.
Sumber :
  • Pexels/Leah Kelley

VIVA – Mencuci muka biasanya sudah menjadi rutinitas sehari-hari. Namun, meski terkesan sederhana, banyak hal yang cenderung salah saat melakukannya dan memberi efek buruk pada wajah.

Biar Aman dan Terpercaya, 5 Faktor Ini Wajib Dipertimbangkan saat Pilih Klinik Kecantikan

Mencuci muka memang hanya mencakup beberapa tahapan saja, yakni dengan membasahi wajah, mengaplikasikan dengan sabun, lalu dibasuh dengan air bersih. Nyatanya, banyak kesalahan yang seringkali dilakukan tanpa sadar saat proses mencuci muka itu dilakukan. Berikut lima kesalahan yang sering dilakukan saat mencuci muka dikutip dari laman Reader's Digest.

1. Suhu air yang salah

Mengenal Lavieen Thulium Fractional Laser, Solusi Terkini untuk Kulit Bersih dan Mulus

Kebanyakan orang beranggapan, cuci muka dengan air hangat bisa membuat kulit lebih bersih. Namun, suhu air yang terlalu panas saat membasuh wajah, bisa membuat kulit menjadi kering. Sementara, suhu kulit yang terlalu dingin, bisa membuat pori-pori terbuka terlalu lebar. Maka, gunakan air dengan suhu suam-suam kuku yang tidak terlalu panas dan dingin.

2. Eksfoliasi berlebihan

Mau Perawatan Menyeluruh dari Wajah Sampai Tubuh? Ini Pilihannya

Pembersih untuk eksfoliasi kulit, memang dapat membuang sel kulit yang mati di permukaan agar tidak menumpuk. Hal ini bisa memberi efek wajah bersinar cerah alami. Sayangnya, eksfoliasi yang dilakukan setiap hari bisa memicu kekeringan kulit bahkan iritasi. Batasi melakukan eksfoliasi kulit hanya seminggu sekali saja.

3. Handuk bersih

Ya, hal ini memang sangat sederhana namun sering dilupakan. Idealnya, mengganti handuk untuk mengeringkan wajah dilakukan dalam beberapa hari sekali agar membuat bakteri tidak berkembangbiak di dalamnya. Cara lainnya, jika Anda malas mengganti handuk bersih setiap hari, bisa gunakan tangan Anda atau tisu yang tersedia.

Ilustrasi mencuci muka.

4. Arah memijat wajah yang salah

Saat mencuci muka dengan sabun, cara paling efektif yaitu dengan arah memutar agar menstimulasi aliran darah dengan lancar. Arah pijatan yang memutar juga bermanfaat untuk membuang sisa kotoran yang menempel di sekitar permukaan kulit.

5. Menekan terlalu keras

Pastikan Anda mencuci muka dengan sabun tidak secara agresif dan menekan terlalu keras. Cukup dengan sedikit menekan saat mengaplikasikan sabun di wajah, lalu bilas dengan air bersih. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya