Sering Menjilat Bibir Picu Penuaan Dini

Ilustrasi bibir
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Kita semua tahu kalau keriput di sekitar mata bisa menjadi tanda penuaan. Tapi, tahukah Anda bahwa bibir juga mengalami penuaan dan ditandai dengan menurunnya volume dan bentuknya. Di banyak kasus, bibir adalah area yang paling pertama menunjukkan tanda penuaan.

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

Dilansir dari laman Times of India, bibir adalah area yang tidak boleh diremehkan, penuaan dini dan menipisnya bibir, akan membuat Anda terlihat lebih tua dari usia biologis Anda. Apa sebabnya?

Penipisan kolagen di bibir
Kolagen merupakan blok yang membangun kulit. Pikirkan kalau kolagen ini adalah perisai yang melindungi kulit dari tanda-tanda penuaan. Jadi, kolagen bertindak sebagai salah satu elemen penting dalam menentukan kesehatan bibir karena kolagen memberikan dasar bagi elastin dan asam hyaluronic untuk membentuk dan memberikan volume bibir. Hilangnya kolagen bisa menyebabkan menurunnya volume dan elastisitas bibir. Akibatnya, lipatan dan garis halus mulai muncul di sekitar bibir, tanda paling menonjol dari penuaan.

5 Dampak Buruk Stres Buat Kesehatan Kulit, Penuaan Dini Hingga Bikin Kusam

Paparan sinar matahari
Karena bibir sangat lembut, bibir sangat rentan terhadap bahaya sinar ultraviolet dari matahari.

Merokok
Rokok sudah banyak diketahui sangat merusak kesehatan. Seperti kesehatan di dalam, rokok juga bisa merusak bibir tanpa bisa diperbaiki. Racun dalam rokok bisa menyebabkan munculnya garis halus yang parah dan keriput yang dalam di sekitar mulut. 

Bahas Soal Richard Lee, Bibir Kartika Putri jadi Sorotan

Kurang pelembab
Kulit di bibir, dengan 3-5 lapisan sel, sangat tipis dibandingkan dengan kulit wajah yang punya hingga 16 lapisan. Kulit bibir memiliki stratum corneum yang sangat tipis dan karena itu sangat lembut dan lebih rentan. Menjaga bibir tetap terhidrasi dan lembab sangat penting dilakukan.

Sering menjilat bibir
Kita cenderung menjilat bibir ketika terasa kering agar bisa lebih lembab, tapi sebenarnya kebiasaan ini justru membuat bibir kering. Air liur mengandung asam yang memecah makanan, dan juga dapat mengiritasi bibir Anda. Ditambah lagi, sering menjilat bibir akan menghilangkan minyak alami bibir. (ren)


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya