Dampak Buruk Terlalu Banyak Gunakan Serum Wajah

Serum
Sumber :
  • VIVA/ Lutfi Dwi Pujiastuti

VIVA – Polusi udara, pengaruh buruk dari gaya hidup, hingga pola makan buruk membuat kulit membutuhkan perawatan lebih. Namun tahukah Anda jika skin care yang digunakan berlebihan justru dapat membahayakan kulit?

Viral di Medsos Perwira Polisi Selingkuh dengan Owner Skincare Makassar

Menggunakan skin care serum terlalu berlebihan dapat membahayakan kulit. Karenanya takaran penggunaan skin care yang tepat penting sekali dipahami.

Spesialis kulit dan kelamin, dr. Frea Astrilia Tamarina, SpKK menerangkan  soal takaran dan pengaplikasian yang tepat untuk penggunaan serum termasuk juga body lotion.

Auto Mulus! Ini 8 Tips Ampuh Menghilangkan Bekas Jerawat

"Yang paling penting kita gunakan itu adalah menggunakan serum wajah. Serum wajah sendiri sebaiknya digunakan dalam takaran kurang lebih sebesar biji kopi," kata Astrilia saat berbincang dengan VIVA, Rabu, 2 Januari 2019.

Jadi cukup sedikit saja dan tidak boleh terlalu banyak. Ia menambahkan jika penggunaan terlalu banyak maka konsentrasi yang didapat malah berlebihan, sehingga berpotensi iritasi. Sedangkan untuk penggunaan body lotion pun juga sebaiknya ditakar.

Ini Rekomendasi Serum Agar Makeup Tahan Lebih Lama, Cocok Untuk Segala Jenis Kulit

"Untuk body lotion sendiri kita gunakan dalam takaran kurang lebih sebanyak ukuran 1-2 kantung teh," katanya.

Selain itu frekuensi mengoleskan body lotion juga sebaiknya beberapa kali dalam sehari. "Yang penting itu adalah penggunaannya secara berulang. Digunakannya setelah mandi saa kondisi kulit masih lembab." (ldp)

dr Reza Gladys dan Nanda Arsynta

Panduan Lengkap dr Reza Gladys untuk Kulit Sehat di Akhir 2023

Selain itu, ia juga menyoroti pentingnya skin cycling tidak hanya untuk mencegah penuaan dini, tetapi juga untuk merawat kulit berjerawat.

img_title
VIVA.co.id
19 Desember 2023