Tina Andrean Rancang Cheongsam yang Tabrak Tradisi

Cheongsam karya Tina Andrean
Sumber :
  • Viva.co.id/Adinda

VIVA – Busana tradisional Tionghoa, cheongsam, punya desain tersendiri yang menonjolkan keindahan tubuh wanita. Ada pakem tersendiri dari tampilan cheongsam yang membuatnya mudah dikenali.

Inspirasi Imlek dengan Batik Modern, Anggun Padukan Konsep Tradisional dan Tionghoa

Busana ini tentunya akan menjadi ikon fesyen yang banyak muncul menjelang perayaan Imlek. Namun, kebanyakan cheongsam yang ada saat ini cenderung memiliki tampilan yang mirip.

Cheongsam karya Tina Andrean

Perpaduan Indah Cheongsam dan Lurik untuk Busana Imlek

Melalui kolaborasi dengan seniman Sasya Tranggono, desainer Tina Andrean mencoba mengangkat sisi lain dari cheongsam. Bahkan Tina mengklaim, koleksi cheongsam modern rancangannya merupakan modifikasi cheongsam yang belum pernah dibuat sebelumnya.

Mengangkat tajuk The Art of Cheongsam, Tina membuat rangkaian koleksi yang bisa dipakai oleh wanita dengan bentuk tubuh apa pun.

Cantik Menarik dengan Cheongsam Modern di Tahun Baru Imlek

"Awalnya saya bingung karena cheongsam itu tahunya klasik, panjang, dan ada belahan. Makin ketat dibuatnya, makin bagus. Tapi, bagaimana dengan orang yang tidak ada lekuk tubuhnya, itu yang jadi tantangan saya sebagai desainer," kata Tina di Rumah Imam Bonjol, Jakarta, Rabu, 23 Januari 2019.

Tina hadir dengan 25 koleksi yang disebutnya memiliki rancangan yang menabrak tradisi. Ia tampilkan cheongsam dengan gaya modern yang berpotongan pendek dan lebar sehingga nyaman dipakai mereka yang bertubuh berisi.

Untuk mewujudkan rancangan cheongsam modern ini, Tina mengaplikasikan motif dari lukisan karya Sasya. Memindahkan karya lukis ke atas kain ternyata tak semudah yang dibayangkan Tina.

Butuh waktu panjang untuknya menyesuaikan gambar pada lukisan Sasya agar pas di busana rancangan Tina. Begitu pun dengan warna.

"Seorang artis biasanya pakai warna yang berani, tapi saya sebagai desainer pikir bagaimana supaya bisa digunakan pada baju yang tidak membuat sakit mata saat dilihat. Kita banyak berdiskusi dan negosiasi untuk menurunkan warnanya," ujarnya menambahkan.

The Art of Cheongsam hadir dalam 25 koleksi yang dibagi ke dalam lima sequence yaitu tema Still Life, Modern Contemporer, Extravaganza Flower, Elegant Butterfly, The Art of Cheongsam. Tina mengatakan, ukuran cheongsam rancangannya juga bisa disesuaikan dengan bentuk pemakainya. Koleksinya dibuat terbatas sehingga tidak akan ada yang menyamai. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya