Mesoterapi, Perawatan dari Perancis yang Banyak Dipakai Artis

Ilustrasi kulit wajah
Sumber :
  • Freepik/benzolx

VIVA – Merawat wajah kini semakin dipermudah. Cukup datang ke klinik kecantikan atau estetika, kamu bisa mendapatkan perawatan yang diinginkan dan sesuai kebutuhanmu. Tidak hanya menghilangkan flek hitam dan mencerahkan wajah saja, di klinik estetika bahkan kamu bisa melakukan tanam benang, botox, filler, meniruskan pipi, hingga menghilangkan double chin atau dagu ganda. 

Mesotherapy Lebih Efektif Hilangkan Flek dan Bikin Wajah Glowing Dibanding Skincare

Salah satu perawatan yang kini sedang populer dan banyak dipakai artis adalah mesoterapi. Saat VIVA.co.id mengunjungi salah satu klinik estetika di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, sejumlah artis seperti Catherine Wilson, Asha Shara, Chintami Atmanegara, Evi Masamba, hingga Dewi Sanca, kepergok sedang melakukan perawatan mesoterapi di klinik tersebut. 

Mereka datang dengan keluhan dan keinginan yang berbeda-beda, ada yang ingin mengencangkan kulit, menghilangkan flek hitam, meniruskan pipi dan rahang, tanam benang, hingga melakukan filler. Lalu, apa itu perawatan mesoterapi yang banyak dilakukan oleh artis ini?

Diet dan Olahraga Aja Gak Cukup, Lakukan Ini Buat Pangkas Lemak Hingga Bentuk Otot

Ya, mesoterapi merupakan metode perawatan kecantikan non bedah, yang dilakukan dengan cara menyuntikkan cairan berisi serum, vitamin, enzim, ekstrak, dan hormon khusus dengan menggunakan jarum tipis ke dalam lapisan subkutan di tengah kulit. 

Menurut dokter Yeni Mulyani selaku in house dokter Dermaster Indonesia, perawatan yang berasal dari Perancis ini mengombinasikan beberapa macam zat aktif yang digunakan untuk mengatasi beberapa masalah kulit, di antaranya memudarkan flek hitam, mengurangi jerawat dan beruntusan, mengatasi bekas jerawat dan stretchmark, mencerahkan kulit wajah, meniruskan dan mengencangkan wajah, mengatasi kerontokan rambut, mengecilkan penumpukan lemak pada bagian dagu, lengan, perut, paha dan bagian tubuh lainnya. 

4 Pemicu Munculnya Double Chin, Ternyata Ada Faktor Genetik

"Perawatan ini mempunyai manfaat yang sangat banyak. Untuk tindakan biasanya disesuaikan dengan kondisi keluhan pasien. Serum yang digunakan memiliki kandungan multivitamin yang dapat memberikan efek cerah, mengatasi minyak berlebih, mengatasi bekas jerawat, mengencangkan kulit yang kendur, dan mengurangi flek-flek hitam di wajah," ujarnya di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Selasa 26 November 2019.

Lebih lanjut ia menjelaskan, proses pengerjaan dilakukan selama 90 menit. Biasanya diawali dengan anestesi krim, agar pada saat proses penyuntikan kulit menjadi baal dan tidak terasa sakit. 

"Anestesi krim dulu di wajah lalu tunggu 30 menit. Dibersihkan, lalu baru disuntikkan serum. Serumnya itu beda-beda, ada serum untuk tirus, jerawat, itu terpisah tergantung keluhan. Kalau untuk flek hitam, itu disuntikkan ke fleknya," kata dia.

Menurut dr. Yeni, perawatan biasanya dilakukan setiap dua minggu sekali dan tidak bisa dengan sekali datang. Untuk hasil maksimal, pasien harus datang tiga sampai lima kali tergantung kebutuhan pasien itu sendiri. 

Perawatan mesoterapi bisa dilakukan mulai dari usia 17 tahun dan tidak ada batas atas untuk usia. Bahkan, perawatan ini bisa dilakukan untuk orang di atas usia 50 tahun yang ingin menghilangkan kerutan di wajah.

"Tidak ada efek samping yang serius. Namun setelah melakukan perawatan, biasanya pasien akan mengalami kemerahan, bentol, bengkak, dan lebam, yang akan hilang dalam 1-4 hari, tergantung jenis tindakan dan kulit pasien," ungkapnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya