DIY Masker Kain Lucu Ala Fashion Blogger Diana Rikasari

Diana Rikasari bagikan tips membuat masker kain.
Sumber :
  • Instagram/dianarikasari

VIVA – Pemerintah telah mengimbau masyarakat untuk menggunakan masker jika akan bepergian keluar rumah sebagai upaya mempersempit penyebaran virus corona jenis baru atau COVID-19. Salah satu jenis masker yang disarankan untuk masyarakat umum adalah berbahan dasar kain.

Lebaran Tinggal Menghitung Hari, Intip 4 Jenis Sheet Mask yang Bikin Wajah Glowing

Meski telah banyak yang menjual masker kain tersebut, tapi enggak ada salahnya untuk kita membuatnya sendiri. Apalagi, untuk mengisi waktu selama karantina di rumah, ya kan?

Biar enggak bingung untuk membuat masker kain, salah satu fashion blogger asal Indonesia yang kini menetap di Swiss, Diana Rikasari, membagikan tips membuat masker kain unik dan khas di akun Instagramnya. Desain masker kain tersebut diunggahnya pada tanggal 23 Maret.

Masker Beras Ternyata Memiliki Banyak Manfaat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Apa Saja?

"Sejak para apoteker di Lausanne kekurangan masker (dan menyokong masker untuk tenaga medis sebagai prioritas), aku memutuskan untuk membuat masker buatanku sendiri dengan kain apapun yang kumiliki. Aku rasa aku butuh menggunakan masker sekarang jika ke supermarket sejak riset membuktikan virus corona dapat menyebar melalui udara dengan beberapa kondisi," tulis keterangan fotonya.

Diana mengatakan bahwa jenis kain yang paling baik untuk masker buatan menurut riset adalah jenis 100 persen katun. Tentunya, dengan dua lapisan yang dipadukan dalam satu masker.

5 Cara Menghilangkan Komedo Tanpa Dipencet, Rajin Pakai Scrub

"(Jenis katun) Efektif dan membuat tubuh mampu bernapas dengan baik, dua lapisan," katanya lagi.

Di unggahan fotonya, terlihat jenis kain katun dapat berasal dari sarung bantal dan guling atau kaos dengan material 100 persen katun. Setelah mendapatkan bahannya, gunting kain menyesuaikan bentuk masker medis. 

Gunting kain di tiap sisi masker, jadi total terdapat empat potongan kain yang akan dijahit. Lalu gunting sekitar 1,2 meter kain untuk bagian tali. Jahit tiap bagiannya untuk disatukan menjadi sebuah masker.

Kalau yang tadi adalah bentuk masker biasa, ibu dua anak ini membuat inovasi masker baru buat yang menggunakan kacamata. Pada dasarnya, potongan kain yang digunakan masih sama yaitu empat potong.

Namun, tambahkan satu potongan berbentuk persegi untuk di bagian hidung atau tengah kacamata, lalu jahit sesuai pola tengah kacamata. Di bagian sisi, selipkan gagang kacamata lalu jahit di tiap sisinya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya