Ragam Khasiat Ekstrak Buah Kaktus, Anti Aging hingga Atasi Jerawat

Buah kaktus.
Sumber :
  • AYSI

VIVA – Tahukah Kamu kalau buah kaktus seringkali dipakai sebagai bahan pembuatan skincare? Ya, ekstrak buah kaktus yang terkandung sebagai bahan aktif produk perawatan kulit punya banyak manfaat baik untuk kecantikan.

Harus Dicegah Sejak Dini, Inilah Masalah Kulit yang Rentan Dialami oleh Wanita Hamil

Beberapa di antaranya, sebagai anti aging, melembapkan, anti-mikroba, detoks, hingga meredakan jerawat.

Salah satu ekstrak buah kaktus yang paling sering digunakan untuk skincare adalah jenis opuntia coccinellifera fruit extract. Itu karena buah kaktus jenis ini dikenal sebagai tanaman yang telah hidup 100 tahun, sudah teruji klinis dan efektif untuk mengatasi masalah kesehatan. Bahkan buah ini juga dijadikan bahan makanan di beberapa negara.

5 Dampak Buruk Stres Buat Kesehatan Kulit, Penuaan Dini Hingga Bikin Kusam

Kandungan opuntia coccinellifera fruit extract lebih kaya akan vitamin C dan ekstra melembapkan kulit. Hal tersebut disebabkan oleh kaktus yang hidup di area padang pasir kering dan gersang, sehingga tanamannya kaya akan komponen untuk menghidrasi atau melembapkan.

Berikut ini sejumlah khasiat ekstrak buah kaktus untuk kesehatan kulit, dikutip dari rilis produk skincare lokal, AYSI, Rabu, 15 September 2021.

Wajah Glowing Bebas Flek Hitam dan Jerawat di Hari Raya? Simak Tips Ampuhnya!

1. Melembapkan

Kulit rentan mengalami dehidrasi kalau kelembapannya tidak terjaga. Menurut dermatologist dr. Ruri Pamela, SpKK, senyawa yang ada di dalam ekstrak buah kaktus mampu membuat kulit tampak lebih lembap dan kenyal. Sehingga, sangat cocok untuk Kamu pemilik kulit kering.

2. Meredakan Jerawat

Ekstrak buah kaktus juga ampuh untuk meredakan jerawat, kemerahan atau blemish.

“Berkat kandungan anti-inflamasi, ekstrak buah kaktus dapat membantu mengurangi peradangan jerawat sekitar 7-10 hari,” ucap dr. Ruri.

3. Anti-aging

Ekstrak buah kaktus mengandung vitamin E dan asam lemak baik yang dibutuhkan sebagai bagian dari stratum corneum (lapisan kulit atas), untuk memperkuat barrier kulit dari pengaruh lingkungan dan membantu menyehatkan kulit, serta menghambat proses penuaan.

4. Anti-inflamasi

Ekstrak buah kaktus juga mengandung zat anti-inflamasi yang dapat meredakan kemerahan pada kulit atau kemerahan karena jerawat dan sebagainya. Kandungan anti-inflamasi dan efek menenangkan dari ekstrak buah kaktus dapat membantu mengurangi peradangan pada jerawat.

Namun, bagi pemilik kulit hipersensitif perlu berhati-hati dalam menggunakan skincare yang mengandung ekstrak buah kaktus. Sebab, dapat menyebabkan alergi akibat komponen dalam kaktus.

“Kulit yang cenderung hipersensitif dan mudah alergi, akan berisiko muncul ruam kemerahan, disertai rasa gatal setelah pemakaian beberapa hari,” ujar dr. Ruri.

Sebagai informasi, AYSI sendiri merupakan brand skincare lokal yang baru saja diluncurkan. Mereka menggunakan oppuntia coccinellifera fruit extract sebagai key ingredient, yang berasal dari Kota Wolryungli, Pulau Jeju, Korea Selatan.

Ekstrak buah kaktus ini telah teruji secara klinis bahwa dapat memberikan hasil maksimal untuk kulit wajah.

Menurut Co-Founder AYSI, Mika Isriantiani, pihaknya memilih opuntia coccinellifera fruit extract karena buah kaktus sangat kaya dengan vitamin C dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah.

“Buah kaktus ini juga jarang terekspos sebagai key ingredient khususnya untuk skincare lokal,” kata Mika.

Ada empat produk yang mereka luncurkan, yakni Clarifying Facial Cleanser, Hydrating Essential Toner, Glow Skin Balancing Serum dan Soothing Moisturizer. Produk-produk yang diberi nama Hydra-Glow Series ini juga kaya akan kandungan Niacinamide (10%), Allantoin, Zinc PCA (1%) dan Hydrolyzed Hyaluronic Acid.

Rangkaian skincare tersebut juga ramah untuk kulit sensitif dan cocok digunakan untuk mereka yang punya masalah kulit kering, kusam, berminyak, kombinasi, iritasi, kemerahan atau blemish, hiperpigmentasi, bekas jerawat, garis halus dan kerutan, warna kulit tidak merata serta acne prone.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya