Tips Bersihkan Wajah yang Benar Versi Dokter dan MUA Bubah Alfian

Ilustrasi membersihkan wajah.
Sumber :
  • Freepik

VIVA – Membersihkan wajah adalah langkah yang penting agar kulit tidak mengalami masalah di kemudian hari. Selain sabun pembersih wajah, mengaplikasikan micellar water sebelum dan sesudah memakai makeup juga tak kalah penting untuk mengangkat sisa kotoran di kulit. 

Jangan Musuhi Minyak di Kulit, Trik Tepat Ini Jaga Wajah Glowing Cegah Jerawat

Namun, sebaiknya jangan asal pilih produk pembersih wajah jika kulitmu tidak mau  bermasalah. Spesialis kulit dan kelamin, dr. Arini Widodo, SpKK, mengungkapkan beberapa kriteria pembersih wajah yang baik. Apa saja? 

"Kalau kita mau cari pembersih yang paling tepat, nomor satu harus memiliki kemampuan membersihkan yang baik," ujarnya saat Virtual Press Conference The Launch of NIVEA Oil & Acne MicellAir, Rabu 17 November 2021. 

7 Cara Membersihkan Wajah dengan Baik dan Benar yang Dianjurkan

Kedua menurut dokter Arini, pembersih wajah tersebut juga tidak membuat barrier kulit menjadi rusak. Sebab, kulit wajah akan lebih mudah berjerawat, mengalami iritasi dan alergi. 

"Jadi, dia juga tidak membuat kulit kita semakin kering. Ada pembersih yang misalnya kalau dipake langsung bikin kulit rasanya kaya ketarik, nah itu sebenarnya bukan sesuatu yang baik. Karena dia base-nya membuat kulit kita menjadi kering," ungkap dia. 

Jangan Malas, Ini Pentingnya Membersihkan Wajah Setelah Bangun Tidur

Selain itu kata Arini, syarat berikutnya, produk yang digunakan juga tidak bersifat iritatif atau menimbulkan iritasi pada kulit. 

"Jadi, jangan yang bikin muka kesannya cekit-cekit dan lain-lain. Dan juga dia nyaman untuk dipakai. Jadi kamu mesti suka dengan pembersih kamu, biar kamu nyaman untuk memakainya," tukas dr. Arini Widodo. 

Cara membersihkan wajah yang baik dan benar

Berada dalam ruang diskusi yang sama, Make Up Artist ternama, Bubah Alfian, turut memberikan tips bagaimana cara membersihkan wajah yang baik dan benar dengan menggunakan micellar water. 

"Sebelum membersihkan wajah, kita bersihkan tangan dulu, cuci tangan atau pakai hand sanitizer. Jadi benar-benar bersih. Selanjutnya ambil micellar water lalu tuangkan ke kapas, lalu aplikasikan (ke wajah) dari bawah ke atas. Tinggal tarik aja sebenarnya udah bersih banget," kata dia. 

Nah, bagi orang-orang yang berjerawat, biasanya mereka kerap menggunakan concealer untuk menutupinya. Untuk itu, cara pembersihannya harus sedikit ditekan. 

"Kita teken sedikit lebih lama, terus kita tarik. Dan ini (micellar water) juga bisa digunakan untuk cowok dan cewek. Mungkin juga yang sering berkeringat, bisa juga dibersihkan dengan ini," terang dia. 

Sedangkan untuk menghapus makeup yang agak susah dibersihkan, seperti penggunaan makeup waterproof, eyeliner, maskara, lipstik matte, dan lain-lain, Bubah Alfian menyarankan untuk menggunakan double eye makeup remover. 

"Sekarang kan lipstik yang banyak orang pakai karena menggunakan masker, mereka lebih memilih yang matte. Jadi, diaplikasikan dengan menggunakan double eye makeup remover. Dan ini bisa bikin kulit lembap," tuturnya. 

Lebih lanjut, MUA langganan artis itu menyarankan, untuk mengganti kapas pada setiap area wajah yang berbeda, agar kotoran sebelumnya tidak kembali menempel di wajah. 

"Dan ini biasanya aku pake sebelum menggunakan makeup dan setelah makeup. Ketika kita mau ganti complexion, juga bersihin pake micellar water. Kalau misal ada paes atau bersihin yang susah-susah, biasanya aku pakai double eye makeup remover," pungkas Bubah Alfian.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya