Bikin Heboh, 5 Fakta Rombongan Indonesia di Paris Fashion Week 2022

Paris Fashion Week.
Sumber :
  • Paris Fashion Week

VIVA – Warganet Indonesia sedang ramai membicarakan mengenai event fashion paling bergengsi di dunia, Paris Fashion Week 2022. Pagelaran termewah di dunia ini tengah berlangsung sejak tanggal 28 Februari sampai hari ini, 8 Maret 2022 di Carrousel du Louvre, Paris. Hadirnya beberapa brand fashion Indonesia yang menampilkan karya di Paris tersebut menuai polemik di masyarakat. Mereka dikecam dan dituding sudah menyebarkan informasi yang salah atau bohong. 

Menguak Motif Epy Kusnandar Pakai Ganja

Hal ini menimbulkan perdebatan di masyarakat Tanah Air, walau bangga lantaran merek lokal dapat melenggang di panggung mode Paris, tapi banyak yang kecewa lantaran mereka mengatasnamakan ajang bergengsi PFW untuk publikasi di media sosial. Beberapa artis Tanah Air yang ikut dalam rombongan tersebut juga semakin menambah kekecewaan warganet. 

Karena, banyak dari mereka yang berani mengatakan bahwa sedang berada dalam gelaran resmi PFW. Unggahan mereka kemudian menjadi sorotan warganet. Tidak sedikit juga publik figur yang buka suara tentang kehebohan tersebut, salah satunya adalah Wanda Hamidah. Nah, berikut adalah fakta tentang kehebohan Paris Fashion Week yang disadur dari berbagai sumber. 

Jalani Tes Kesehatan Usai Ditangkap Kasus Narkoba, Epy Kusnandar: Alhamdulillah Sehat

1. Wanda Hamidah Menyindir

Wanda Hamidah.

Photo :
  • Instagram @wanda_hamidah
Gak Nyangka, Begini Isi Garasi Epy Kusnandar yang Ditangkap Gegara Narkoba

Kehebohan mengenai brand lokal yang mengatakan tengah hadir di Paris Fashion Week juga terdengar oleh salah seorang aktris Wanda Hamidah. Ia kemudian membuat sindiran untuk rombongan dari Indonesia yang tengah berada di Paris. 

Wanda Hamidah menulis dalam sebuah unggahan Instagramnya, "Gagal paham nih sama desainer Indonesia yang bawa penontonnya sendiri seabrek-abrek dari Indonesia di Paris Fashion Week."

2. Wanda Hamidah Dibully Warganet

Wanda Hamidah (Foto/Instagram/WandaHamidah)

Photo :
  • U-Report

Setelah melayangkan kritikan tersebut, Wanda Hamidah kemudian diserang oleh warganet yang mendukung rombongan Indonesia di Paris. Ada yang mengatakan bahwa dirinya sirik kepada artis Indonesia yang pergi ke Paris Fashion Week. 

Aktris yang sudah berusia 44 tahun tersebut kemudian membalas sindiran warganet. Ia menegaskan bahwa ia tidak  mempermasalahkan tentang pergi ke Paris, tapi pembodohan publik yang dilakukan oleh pihak mereka. 

"Yang saya tentang dan saya lawan-lawan ini adalah pembodohan publiknya. Praktik klaim mengklaim ini bahaya, karena kenyataannya tidak seperti itu. Dan netizen terbuai aja dengan ketidaktahuan mereka," timpal Wanda.

3. Informasi yang Salah

Kehadiran berbagai brand lokal ke Paris Fashion Week sampai menghebohkan media sosial. Di tengah kehebohan tersebut, salah seorang pengguna Instagram yang bernama @mrluckyheng juga melayangkan kritikan tentang fenomena yang tengah berlangsung tersebut. 

"Agak sebel sama brand Indonesia yang claim masuk Paris Fashion Week tahun ini. Semua berani claim dan pakai nama Paris Fashion Week tapi gak ada yg berani tag @parisfashionweek," tulis Lucky lewat Instagram Story yang disadur dari @lambe_turah. 

Lucky kemudian menambahkan bahwa acara Paris Fashion Week yang sebenarnya hanya ada satu, yakni yang digelar oleh Fédération française de la couture. Selain itu, hanya brand fashion ternama yang bisa menghadiri pagelaran termewah di dunia tersebut. 

Seperti yang kita ketahui bahwa Paris Fashion Week sudah menjadi ajang tahunan yang digelar sejak 1983 silam. Acara tersebut adalah salah satu dari empat ajang pekan mode terbesar di dunia. Mulai dari London Fashion Week, Milan Fashion Week, dan New York Fashion Week.

4. Bukan Paris Fashion Week

Perwakilan Gekrafs Ifan Seventeen klarifikasi soal kontroveri Paris Fashion Week

Photo :
  • Instagram

Akhir-akhir ini terungkap bahwa acara yang dihadiri oleh rombongan dari Tanah Air bukanlah Paris Fashion Week, tapi Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional (GEKRAFS) Fashion Show yang dilaksanakan bertepatan dengan acara PFW 2022. Acara ini dilaksanakan oleh GEKRAFS untuk membuat wadah dalam membantu pemerintah dalam mengoptimalkan ekonomi kreatif.

5. Respons Sandiaga Uno

Sandiaga Uno

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Menurut pemberitaan sebelumnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno angkat bicara mengenai hebohnya ajang Paris Fashion Week tersebut. Lebih lanjut, Sandi mengatakan bahwa produk Indonesia begitu diminati di Eropa terutama di PFW. 

"Produk ekonomi kreatif yang ingin mendunia, go global akan kami fasilitasi, seluruh produk ekonomi kreatif anak bangsa, talenta anak bangsa, kita memiliki tugas dan fungsi untuk membuka ruang dan peluang agar semakin banyak pemenang pasca pandemi ini," tutur Sandiaga Uno, Senin, 7 Maret 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya