Urutan Skincare yang Benar untuk Pagi dan Malam

Ilustrasi lotion/pelembap/skincare.
Sumber :
  • Freepik/rawpixel.com

VIVA – Urutan skincare, menurut sebagian orang memiliki manfaat yang sangat besar bagi kesehatan kulit. Sebagian orang, khususnya para kaum hawa, pasti menggunakan skincare. Bukan hanya sekadar tren, namun juga kebutuhan kulit.

Studi Terbaru Mengungkap 5 Skincare Terbaik Buatan Lokal di Indonesia

Apa itu Skincare?

Ilustrasi produk make-up dan skincare.

Photo :
Mirip Karakternya, Intip Rahasia Kulit Kalem Afgan

Sebelum membahas mengenai urutan skincare, baiknya kita mengetahui apa itu skincare terlebih dahulu. Skincare adalah produk yang dikhususkan untuk perawatan kulit,  yang memiliki tujuan bermacam - macam. Perawatan ini termasuk kulit wajah, tangan, kaki, dan seluruh bagian tubuh lainnya. 

Produk skincare dijual sangat banyak di pasaran, mulai dari yang diproduksi di negara Korea, Amerika, Prancis hingga yang sedang banyak digandrungi masyarakat Indonesia, adalah skincare produk lokal. 

Suka Lupa Re-apply Sunscreen di Cuaca Panas Ekstrem, Begini Cara Maudy Ayunda Jaga Kulit

Tujuan penggunaan skincare juga bermacam-macam, tergantung sang empunya kulit. Bisa untuk mencerahkan, melembapkan, memperbaiki, hingga hanya menjaga. Untuk skincare wajah, bisa untuk menghilangkan jerawat, mencerahkan wajah, hingga menghilangkan keriput. 

Dunia per-skincare-an, terkhusus untuk wajah, juga telah mengalami kemajuan yang signifikan dan sepertinya memang akan terus berkembang. Peminat pasar juga akan semakin besar. Produsen skincare menawarkan bermacam-macam bahan dasar skincare, dan hal ini juga mengikuti perkembangan tren.

Contohnya, beberapa tahun silam, lendir siput menjadi salah satu bahan dasar skincare yang diminati banyak orang, selanjutnya digantikan oleh kandungan emas yang diyakini dapat membuat wajah sang pengguna semakin glowing. Tak lama, lalu muncul bahan aktif Centella, dan sekarang, yang banyak digandrungi orang adalah Retinol. 

Skincare wajah pun memiliki bermacam - macam jenis. Sabun cuci muka, serum, sunscreen, toner adalah sedikit dari dasar macam skincare. Harga skincare juga sangat bervariasi, mulai dari harga yang sangat terjangkau, misalnya sekitar Rp30.000-an saja, hingga harga yang fantastis hingga puluhan juta rupiah. 

Banyaknya jumlah dan macam skincare, namun penggunaannya tidak bisa sembarangan. Apalagi jika digunakan secara bersamaan, ada step-step yang dilakukan. Berikut urutan skincare pagi dan malam yang dapat dilakukan. 

Urutan Skincare 

Urutan Skincare Malam 

Skincare Regime

Photo :
  • vstory

a. Pastikan menggunakan skincare malam ketika akan pergi tidur atau istirahat, dan tidak akan melakukan aktivitas berat lagi yang akan membuat berkeringat atau membuat kotoran dari luar kembali menempel pada wajah. 

b. Pertama, membersihkan wajah. Setelah beraktivitas di luar seharian, pastikan untuk membersihkan wajah sebelum tidur. Bersihkan wajah dari make up dan kotoran menggunakan pembersih make up, dan lakukan double cleansing. 

c. Kedua, membersihkan wajah dengan facial wash atau cuci muka saat mencuci muka. Hal ini bertujuan membersihkan wajah agar mempersiapkan wajah untuk menggunakan urutan skincare setelahnya. 

d. Setelah mencuci wajah, lakukan eksfoliasi dengan masker atau scrub wajah, lakukan seminggu dua kali saja dan jangan terlalu sering. 

e. Keempat, gunakan toner untuk menggembalikan PH pada kulit wajah yang hilang setelah mencuci muka dan eksfoliasi.

f. Kelima, jika menggunakan essense, maka produk ini bisa diaplikasikan setelah penggunaan toner.

g. Keenam, adalah tahap serum. Serum berfungsi sebagai pembawa kandungan aktif untuk merawat kulit. 

h. Kelima, jika menggunakan krim mata, pada urutan inilah penggunaannya. Aplikasikan pada bagian bawah mata (kantung mata). 

i. Keenam, urutan selanjutnya adalah menggunakan pelembab. Aplikasikan pelembab untuk menjaga kelembaban kulit selama hampir 8 jam ketika tidur, apalagi jika menggunakan AC, yang dapat membuat kulit kering. 

j. Ketujuh adalah krim malam. penggunakan krim malam memiliki banyak tujuan, salah satunya menghilangkan jerawat atau meregenerasi kulit. 

k. Pada tahap akhir, gunakan obat totol wajah sebagai penutup. Biasanya spot treatment memiliki fungsi untuk meredakan jerawat kemerahan yang sedang aktif. 

Untuk singkatnya, urutan skincare malam adalah : double cleansing - Sabun cuci muka - eksfoliasi (per minggu) - toner - essense - serum - krim mata - pelembap - krim malam - spot treatment. Lebih mudahnya, gunakan skincare dari yang cair hingga agak kental. 

Urutan Skincare Pagi 

Ilustrasi wanita/skincare/kecantikan.

Photo :
  • Freepik/senivpetro

a. Pertama, membersihkan wajah. Ya benar, meski hanya tidur, namun pada pagi hari, wajah juga harus tetap dibersihkan. Ini karena pada malam hari kulit wajah tetap memproduksi minyak dan berinteraksi dengan bakteri yang ada di sekitar seperti bantal atau tempat tidur. Gunakan sabun cuci muka saat membersihkan wajah. 

b. Kedua adalah toner. Mengutip dari lama Healthline, toner juga berfungsi mengangkat kulit mati yang biasanya terjadi di malam hari.

c. Ketiga adalah penggunaan serum. Serum juga tetap harus digunakan saat pagi hari, agar, apapun tujuan perawatan kulit yang dipilih, bisa bekerja secara maksimal tiap kesempatan. 

d. Tahap empat adalah menggunakan pelembap. Pelembap juga harus digunakan bagi pemilik wajah dengan tipe berminyak, lho. 

e. Kelima adalah pengaplikasian sunscreen. Sebisa mungkin, jangan pernah melewatkan sunscreen karena sinar UV matahari dapat membuat kulit kita kusam dan menimbulkan flek. Jangka panjang, bisa menyebabkan wajah cepat keriput. Untuk sunscreen, dianjurkan untuk reapply kurang lebih lima jam sekali. 

Untuk singkatnya, urutan skincare pagi adalah : Sabun cuci muka - toner  - serum - pelembap - sunscreen. Lebih mudahnya setelah cuci muka, gunakan skincare dari yang cair hingga agak kental. 

Ilustrasi hidung/bibir.

3 Solusi Ampuh Bibir Sehat dan Merona, Caranya Simpel Banget!

Bibir kering, pecah-pecah, dan gelap sangat rentan terjadi pada seseorang. Kondisi ini tidak hanya mengganggu penampilan, tetapi juga menjadi masalah kesehatan.

img_title
VIVA.co.id
7 Mei 2024