8 Cara Membuat Alis Rapi dengan Mudah Hanya di Rumah

Ilustrasi alis wajah.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Lifestyle – Alis menjadi salah satu bagian yang cukup penting pada proporsi  wajah, terutama bagi para wanita. Ada alis yang memang sudah tebal, namun ada juga alis yang tidak terlalu tebal. Alis juga membentuk seluruh wajah dan kamu bisa membuatnya menjadi rapi baik mencabutnya di sisi yang tipis atau membiarkannya tumbuh liar.

Mau Hasilkan Bulu Mata Lentik, Tebal atau Lebih Panjang? Trik Pakai Maskaranya Beda-beda Lho

Bagaimana cara membuat alis rapi dengan benar sendiri di rumah? Mengutip dari The Everygirl, berikut ini beberapa cara untuk membuat alis rapi hanya di rumah saja. 

1. Pinset setelah mandi

5 Kesalahan Umum saat Makeup yang Harus Dihindari

Ilustrasi mandi.

Photo :
  • U-Report

Meskipun mencabut alis bisa menyakitkan, ada cara membuat alis rapi yang tidak menyakitkan. Setelah mandi air panas, kamu bisa menggunakan pinset untuk mencabut alis. Hal itu dikarenakan air hangat membantu membuka folikel, yang memungkinkan rambut dapat dicabut dengan lebih mudah. Kamu juga dapat mengonsumsi ibuprofen atau Advil sekitar 30 menit sebelumnya untuk mengurangi peradangan dan rasa sakit.

Disebut Nikita Mirzani Pakai Wig dan Tak Punya Alis, Ini Jawaban Richard Lee

2. Sejajarkan alis dengan bentuk wajah 

Alis mata

Photo :
  • U-Report

Ada beberapa aturan yang harus diperhatikan sebelum mencabut alis. Gunakan pensil alis sebagai panduan untuk membantu menemukan awal, akhir dan lengkungan alis. Awal alis harus dimulai tepat di tempat lubang hidung, kemudian pegang pensil secara vertikal pada pangkal hidung dan di atas lubang hidung untuk membantu menemukan titik awal. Untuk menemukan lengkungan alis, letakkan pensil di ujung hidung dan arahkan lurus ke arah pupil. 

Terakhir, untuk menemukan ujung alis, ambil pensil dan letakkan pada sudut tertentu di ujung hidung dan mata. Jika ujung ekor alis menyentuh tempat pensil alis berakhir, maka panjang alis sudah sempurna. Jika alis terlalu panjang, cabut sebagian rambut tersebut.

3. Pinset dengan pencahayaan yang baik

Ilustrasi lampu

Photo :
  • Rumahku.com

Kamu membutuhkan pencahayaan yang baik saat hendak mencabut alis sebagai cara membuat alis rapi. Jangan sampai cahaya gelap, redup dan remang-remang. Bhajan jika bisa, manfaatkan cahaya alami matahari. Bawa cermin genggam ke area yang paling terang di rumah sehingga dapat melihat semua rambut kecil yang perlu dicabut di alis.

4. Jepit ke arah pertumbuhan rambut 

Jika kamu melihat lubang hitam kecil di area yang baru saja dicabut, itu berarti kamu tidak mencabut seluruh folikel rambut. Untuk mencegahnya di lain waktu, jepit ke arah pertumbuhan rambut sehingga kamu dapat mencabut helai rambut alis dengan mudah hingga ke pangkalnya. 

5. Jangan gunakan cermin pembesar

Ilustrasi wanita bercermin.

Photo :
  • Pixabay/Claudioscot

Mencabut alis dengan cermin pembesar adalah salah satu hal terburuk utnuk dilakukan. Cermin bisa menyesatkan dan membuat kamu percaya bahwa kamu memiliki lebih banyak folikel rambut yang dapat membuat kamu secara tidak sengaja mencabut rambut yang seharusnya tidak dicabut. Gunakan cermin biasa saja dan di antara setiap beberapa cabutan, mundur selangkah untuk mencabutnya.

6. Rapikan alis

Ilustrasi alis mata

Photo :
  • Pixabay/unsplash

Jaga agar alis tetap terlihat segar dengan memangkas bagian depan alis dengan menggunakan gunting kecil atau alat pemangkas rambut hidung dengan rapi untuk hasil alis yang rapi. 

Pertama, sikat bagian depan alis secara lurus ke atas dan potong rambut yang tidak rata dengan hati-hati. Kemudian, sikat ujung ekor alis ke arah bagian dalam alis dan rapikan sedikit rambut itu juga.

7. Isi rambut alis yang berjarang

Pertama, temukan warna yang pensil alis yang sesuai dengan warna alis. Alih-alih mengisi penuh bagian alis, usap ringan ke arah pertumbuhan rambut. Cobalah untuk fokus mengisi lengkungan. Awal alis cenderung lebih terang dan lebih menyebar. Jika kamu mau, lapisi dengan gel alis untuk menjaga rambut alis tetap di tempatnya sepanjang hari.

8. Highlight tulang alis

Ilustrasi mata/alis.

Photo :
  • Pixabay/StockSnap

Untuk meninggikan alis, gulir pensil alis tepat di bawah lengkungan dan jalankan hingga ujung alis. Ini akan membantu menerangi alis dan benar-benar membuatnya menonjol sehingga tulang alis ter-highlight.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya