4 Fakta Topi Klasik yang Selalu Dipakai Ratu Elizabeth II

Ratu Kerajaan Inggris Elizabeth II
Sumber :
  • AP Photo/Frank Augstein

VIVA Lifestyle  – Selama masa hidupnya, gaya fesyen Ratu Elizabeth II tak jarang jadi sorotan. Tak hanya pakaian, namun Ratu bernama lengkap Elizabeth Alexandra Mary juga selalu tampil dengan topi unik yang sangat identik dengan kaum bangsawan Inggris. Klasik, vintage, satu warna, menjadi salah satu ciri khas Ratu Elizabeth II berbusana.

Manfaat Kalung Kesehatan, Solusi Nyata atau Sekadar Gaya?

Ratu Elizabeth II mudah dikenali dari penampilannya: mantel berwarna cerah, topi yang serasi, sepatu hitam, dan tas pesanan. Semua bagian pakaian Ratu Inggris itu memiliki makna, terutama topinya. Sang penguasa Inggris itu memiliki koleksi lebih dari 5000 topi dalam kurun waktu 50 tahun terakhir. Wow!

Yuk scroll ke bawah!

Aksi Turis Ini Bikin Geleng Kepala, Sewa Motor Malah Tercebur ke Kolam Renang

Sejarawan Inggris Robert Lacey menjelaskan kepada jurnalis mode Elizabeth Holmes untuk buku barunya, HRH: So Many Thoughts on Royal Style, bahwa wanita modern sangat jarang yang memakai topi sebagai pakaian kerja, kecuali tentara. Namun, Ratu Elizabeth konsisten mengenakannya di setiap acara.

"Ini adalah pengingat bahwa Ratu terikat pada suatu layanan, untuk suatu pekerjaan," katanya, menurut buku yang diterbitkan pada Selasa, 17 November 2020.

Sosok Qin Huilan, Wanita 70 Tahun yang Jadi Bintang Catwalk di Paris Fashion Week

Berikut fakta menarik dari topi klasik yang selalu dikenakan oleh Ratu Elizabeth II. Ingin tahu?

1. Bisa Melindungi dari Hujan dan Salju

Ratu Elizabeth II.

Photo :
  • Instagram @theroyalfamily

Dilansir dari The List, meski mahkota adalah perhiasan kepala yang paling sering dikaitkan dengan bangsawan, Ratu Elizabeth II lebih dikenal karena topinya. Bangsawan yang satu ini terlihat selalu mengenakan topi untuk setiap kesempatan, dalam beragam warna.

Topi memang digunakan sebagai gaya dan fungsional, bisa melindungi pemakainya dari hujan, salju, dan sinar matahari yang terik. Namun, alasan Ratu memakai topi ternyata lebih dari sekadar mode atau kepraktisan.

2. Bagian dari Seragam Kerja

Ratu Elizabeth II saat menghadiri pernikahan Pangeran William dan Cath Middleton

Photo :
  • flickr

Sejarawan Inggris Robert Lacey menjelaskan pentingnya topi Ratu Elizabeth II  kepada jurnalis mode Elizabeth Holmes untuk bukunya yang berjudul HRH: So Many Thoughts on Royal Style yang mengeksplorasi mode banyak wanita kerajaan termasuk Ratu Elizabeth II dan Putri Diana. "Sangat sedikit wanita modern yang memakai topi sebagai bagian dari seragam kerja mereka, selain dari mungkin anggota angkatan bersenjata," kata Lacey.

"Topi ini menjadi pengingat bahwa Sang Ratu terikat pada suatu layanan, atau suatu pekerjaan." lanjut dia.

3. Ciptakan Penampilan Unik Sendiri

Ratu Elizabeth II.

Photo :
  • Instagram @theroyalfamily

Dalam bukunya, Holmes mencatat evolusi mode Ratu Elizabeth II dari masa kecilnya hingga penampilannya saat ini. "Tidak ada orang lain yang berpakaian seperti Ratu Elizabeth II," kata Holmes.

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa Ratu Elizabeth menciptakan sendiri gaya uniknya. Sebelum Ratu Elizabeth II, belum pernah ada yang berbusana demikian apalagi pakai topi dengan gaya vintage tersebut.

"Dan mungkin tak seorang pun akan pernah melakukannya. Ini adalah tampilan yang sangat unik yang ia ciptakan sendiri, dan ia berkomitmen untuk itu. Saya senang berbicara tentang gaya Ratu dengan beberapa pakar mode yang sangat hebat, yang menjelaskan bahwa menjadi modis bukanlah tugas Ratu,” ungkapnya menjelaskan.

4. Mudah Terlihat Publik

Ratu Elizabeth II Diamond Jubilee

Photo :
  • Nick Verreos

Penjahit pribadinya, Angela Kelly, menulis tentang hal itu dalam memoar The Other Side of the Coin: The Queen, The Dresser and the Wardrobe pada tahun 2019 lalu. ia menjelaskan bahwa gaya kerajaan sudah sangat direncanakan dan dipikirkan. Ratu Elizabeth II senang mengenakan topi agar dia muda terlihat saat berada di publik.

"Sang Ratu sadar bahwa ia harus mudah terlihat oleh sebanyak mungkin orang saat ia bepergian, jadi saya memilihkan topi dengan warna-warna mencolok yang akan membuat ia lebih mudah dilihat," tulisnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya