Sejarah Lahirnya Celana Jeans dalam Dunia Mode Beserta Penemunya

celana jeans
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifestyle – Celana jeans memang menjadi salah satu itwm serbaguna yang sepertinya hampir dimiliki oleh semua orang di dunia. Dipakaikan dengan apa saja, celana jeans akan selalu cocok saat digunakan. Maka tidak heran jika jeans dianggap sebagai pakaian yang harus selalu ada di lemari kita.

Sosok Qin Huilan, Wanita 70 Tahun yang Jadi Bintang Catwalk di Paris Fashion Week

Dalam sejarahnya, sejak akhir abad ke-19, jeans telah berubah dari pakaian kerja yang kasar menjadi pakaian mode yang tidak dapat kita tinggalkan. Mungkin di antara kamu ada yang penasaran dengan sejarah celana jeans yang menjadi pakaian mode tak lekang oleh waktu tersebut. 

Maka dari itu, akan dijelaskan bagaimana sejarah dan awal mula lahirnya jeans yang dikutip dari Ethica Collection. Yuk scroll artikel selengkapnya berikut ini.

5 Motor Vespa Bersolek di Indonesia Fashion Week 2024

Sejarah Celana Jeans 

Celana jeans.

Photo :
  • U-Report
Tampil Stylish dan Nyaman di Momen Ramadhan, ALDO Luncurkan Koleksi dengan Teknologi Pillow Walk

Mulanya celana jeans dibuat untuk para pekerja kasar tambang emas di Amerika. Celana biasa yang biasa mereka gunakan diketahui mudah robek sehingga mereka membutuhkan celana yang dapat lebih tahan lama dan kuat. Akhirnya salah satu istri pekerja tambang tersebut mencari penjahit yang dapat membuatnya celana sesuai dengan kriteria tersebut dan bertemu dengan seorang penjahit bernama Jacob Davis.

Kemudian Jacob berusaha menggagas untuk membuat celana dari bahan kain denim yang ia beli di sebuah toko bahan langganannya milik Levi Strauss. Jacob pun mulai mendesain celana dengan paku keling yang dipasangkan di beberapa titik celana yang rentan robek. Paku keling yang digunakan oleh Jacob adalah rivet yang bisa kita lihat ada di atas saku celana jeans.

Celana yang Jacob buat ternyata sangat cocok digunakan oleh para pekerja tambang. Sehingga Jacob Davis dan Levi Strauss menjadi kedua tokoh yang penting dalam sejarah terciptanya celana jeans. Levi Strauss sendiri merupakan orang pertama yang memperkenalkan bahan kain jenis denim ke Amerika pada tahun 1853 silam. 

Lahirnya Celana Jeans 

Celana jeans.

Photo :
  • http://www.emjeshop.com

Sebelum memproduksinya secara massal, Jacob sebagai penjahit yang mendesain dan membuat celana jeans berpikir untuk mematenkan hasil penemuannya itu. Bersama dengan Levi yang memperkenalkan kain denim, keduanya memutuskan untuk mematenkan penemuannya mereka. 

Hingga akhirnya hak paten celana jeans ini didapatkan di kantor paten Amerika Serikat pada tanggal 20 Mei 1873. Sehingga pada tanggal 20 Mei 1873 tersebut ditetapkan sebagai hari lahirnya celana jeans. Hak paten yang telah Jacob dan Levi daftarkan bernama Levi Strauss & Co.

Merek Levi Strauss & Co itu juga menjadi perusahaan pertama yang berdiri untuk memproduksi celana jeans. Celana jeans yang pertama dibuat desainnya seperti celana bebek dari bahan katun berwarna coklat. Dalam desain ini terdapat dua kantong di depan dan satu kantong di belakang dengan menggunakan rivet untuk menahannya. 

Seiring perkembangan zaman, celana jeans semakin memiliki banyak kantong dan di bagian belakang celananya juga diberikan ada logo Levi's jeans. Nama Levi's jeans pun menjadi populer bahkan hingga sekarang. 

Setelah itu mulai muncul merek-merek jeans lainnya di dunia yang juga mempopulerkan celana dengan bahan denim dengan berbagai model dan macam pula. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya