5 Rekomendasi Skincare Pria untuk Menghilangkan Noda Hitam Bekas Jerawat

Ilustrasi pria merawat wajah/krim wajah.
Sumber :
  • Freepik

VIVA Lifestyle – Meski jerawat telah mengempis, bukan berarti masalah Anda selesai. Terkadang, bekas jerawat meninggalkan flek atau noda hitam di permukaan kulit. Noda hitam bekas jerawat kerap kali mengganggu penampilan, baik itu pada wanita maupun pada pria.

Cara Bersihkan Mika Lampu Mobil Buram dengan Bahan Sederhana

Penyebab flek hitam bekas jerawat adalah penumpukan zat pigmen kulit yang disebut melanin, zat yang memberi warna pada kulit manusia. Hal ini merupakan reaksi wajar apabila kulit mengalami peradangan (terutama pada ras kulit berwarna). Scrolll untuk simak artikelnya. 

Fungsi pigmen adalah untuk melindungi kulit dibawahnya selama masa penyembuhan dari radang berlangsung. Hal itu yang menyebabkan bekas jerawat menjadi berwarna cokelat atau kehitaman.

Harus Dicegah Sejak Dini, Inilah Masalah Kulit yang Rentan Dialami oleh Wanita Hamil

Ada beberapa faktor penyebab hiperpigmentasi pasca-acne: bakat genetik kulit yg cenderung mudah pigmentasi, peradangan acne baik yang berlangsung lama ataupun tidak, acne yang luka karena kebiasaan memencet sendiri, infeksi tambahan pada acne, dan pajanan sinar matahari tanpa pelindung.

Menurut dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV, noda hitam bekas jerawat ini dapat diatasi dengan cara menggunakan daily skincare. Tujuannya untuk meregenerasi kulit mati (mengelupaskan kulit), mencerahkan kulit, dan boleh melakukan tambahan perawatan seperti laser pigmen, peeling, mikrodermabrasi,” ujarnya. 

5 Dampak Buruk Stres Buat Kesehatan Kulit, Penuaan Dini Hingga Bikin Kusam

Nah, untuk Anda yang sedang mencari cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat, berikut adalah rekomendasi skincare pria untuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat yang bisa membantu mengatasi masalah Anda.

Ilustrasi pria merawat wajah/krim wajah.

Photo :
  • Freepik

1.    Hauff

Untuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat, Hauff memiliki skincare set praktis dengan 3-steps urutan pemakaian yang highly recommended karena dapat membuat Anda glow up dalam sebulan pemakaian. Skincare set Hauff terdiri dari Face Wash Oil & Acne Control, Advanced Brightening Serum, dan Face Moisturizer with Sunscreen.

Active ingredients seperti activated charcoal, salicylic acid, niacinamide, mulberry, dan witch hazel dapat ditemukan pada face wash-nya. Bahan-bahan tersebut secara dermatologis terbukti efektif mengangkat minyak dan kotoran berlebih, mencegah timbulnya jerawat, dan mengecilkan pori-pori pada wajah.

Active ingredients serupa juga dapat ditemukan pada serumnya, seperti alpha arbutin & niacinamide, vitamin C & collagen, sodium hyaluronate, salicylic acid, mulberry, dan witch hazel yang bermanfaat untuk mencerahkan wajah kusam, meratakan warna kulit, dan menyamarkan noda hitam bekas jerawat.

Active ingredients seperti niacinamide dan sodium hyaluronate bahkan terdapat pada moisturizer-nya sehingga hasil perpaduan pemakaian ketiga produk tersebut secara  maksimal mampu mencerahkan wajah Anda. Selain itu, terdapat juga kandungan zinc oxide & titanium dioxide yang menangkal paparan sinar matahari (UV A & UV B) dan tocopheryl acetate (Vitamin E) yang dapat menangkal radikal bebas.

2.    The Body Shop for Men

Ada beberapa produk dari The Body Shop for Men yang bisa dipakai untuk mengatasi noda hitam bekas jerawat, misalnya Guarana And Coffee Energising Cleanser Face Wash yang merupakan pembersih wajah khusus pria bertekstur gel yang diperkaya dengan guarana seed dan green coffee yang membantu membersihkan wajah dari kotoran dan mengurangi tampilan kulit kusam.

Lalu, bisa dipadukan dengan Guarana & Coffee Energising Moisturizer yang bertekstur gel-lotion yang terasa ringan dan tidak menyebabkan lengket untuk membantu melembapkan kulit. Guarana & Coffee Energising Moisturizer juga diperkaya dengan guarana seed dan green coffee untuk membuat kulit terasa segar, halus, dan lembap.

3.    L'Oreal Men Expert

Anda bisa mencoba produk dari L’Oreal Men Expert yang masih menjadi bagian dari brand L’Oreal Paris. Anda bisa menggunakan L'Oreal Paris Men Expert Revitalizing Foam dengan efek anti-aging yang bisa membersihkan, meremajakan, sekaligus memperbaiki tekstur kulit, dan menghilangkan sel-sel kulit mati karena mengandung salicylic acid. 

Dilengkapi pula dengan ADS (Active Defense System), bahan yang menyamankan dan membantu melindungi pertahanan alami kulit terhadap gangguan luar sehari-hari.

Kemudian, produk lain yang bisa digunakan adalah moisturizer-nya, yakni L'Oreal Paris Men Expert Hydra Energetic X-Treme Serum yang hadir untuk melawan kulit lelah. Moisturizer ini membantu Anda menghidrasi kulit secara intensif sepanjang hari, membuang racun dan mencerahkan kulit, mengurangi tanda kelelahan pada wajah, melawan kulit kasar dan kusam serta meremajakan dengan sensasi yang menyegarkan.

4.    His Erha

His Erha memiliki produk perawatan wajah pria yang dibutuhkan untuk membersihkan wajah secara menyeluruh dan mencerahkan kulit, yaitu Booster Facial Wash with Niacinamide & Panthenol 100G, Booster Essence All In One, Energy Bright Cream.
Ketiga produk tersebut berfokus pada masalah jerawat. 

Booster Facial Wash with Niacinamide & Panthenol 100G, Booster Essence All In One, dan Energy Bright Cream mengandung niacinamide yang memperlambat proses pemindahan melanin ke lapisan terluar kulit sehingga membantu mencerahkan kulit yang kusam, meratakan warna kulit, serta membantu kulit tetap lembap dan sehat. Selain itu, niacinamide juga bermanfaat untuk mengatur produksi sebum pada kulit.

5.    MS Glow For Men

Terakhir, ada MS Glow for Men yang bisa juga Anda coba untuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat. MS Glow for Men menyediakan skincare set mulai dari facial wash, serum, bright cream, hingga sunscreen spray.

Produk-produk MS Glow for Men mengandung bahan yang bisa membantu mengatasi masalah noda hitam. Energizer Facial Wash dan Energy Bright Cream-nya mengandung niacinamide yang bermanfaat untuk melembapkan kulit, menyamarkan noda hitam, mengatasi jerawat. Energy Serum mengandung glycolic acid mencerahkan, meratakan warna kulit, menghaluskan kulit, memudarkan bekas jerawat.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya