Kain Sulam Karawo dari Gorontalo Tutup IFW 2023 dengan Indah

Indonesia Fashion Week (IFW) 2023.
Sumber :
  • VIVA/Sumiyati.

VIVA Lifestyle – Pekan mode bergengsi Indonesia Fashion Week (IFW) 2023 sukses digelar selama lima hari, pada 22-26 Februari 2023, di Plenary Hall, Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta. 

Sosok Qin Huilan, Wanita 70 Tahun yang Jadi Bintang Catwalk di Paris Fashion Week

Kain sulam Karawo asal Gorontalo jadi highlight pada show penutup bertajuk Enchanting Karawo karya desainer kenamaan Tanah Air. Di antaranya Poppy Dharsono, Naniek Rachmat, Ai Syarif 1965, ENIJOE INDONESIA, Wignyo, dan pemenang Indonesia Young Fashion Designers Competition (IYFDC) 2023 Tethuna dari Gorontalo. Yuk, scroll untuk informasi selengkapnya.

Sulam Karawo tampil sebagai bintang utama selama gelaran IFW 2023. Dengan mengusung tema Sagara dari Timur, IFW di usia satu dekade selalu mengangkat tema adibusana dan wastra Nusantara

Bukan Cuma Rancang Busana, IFPC Lahirkan Pengusaha Mode Muda Indonesia

Dari hari pertama hingga terakhir, antrean penonton selalu mengular di depan pintu Plenary Hall lokasi para perancang busana memamerkan koleksinya. Pemandangan ramainya pengunjung juga tampak pada gerai-gerai brand fashion wastra, muslim, kontemporer, aksesoris, maupun kuliner. 

Berkembang Pesat, Modest Fashion Indonesia Sudah Pantas Jadi Kiblat Fesyen Dunia?

Presiden IFW sekaligus Ketua Umum Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) Poppy Dharsono, menyatakan rasa senang melihat antusiasme tinggi tidak hanya dari para pencinta fashion, namun juga dari ekosistem pendukung industri ini. Baik dari para desainer, pemilik usaha, pengrajin, pemerintah daerah, pemerintah pusat, media, dan pengunjung. 

"Hal ini begitu terasa ketika pelaksanaan opening dan closing ceremony. Sebab, begitu banyak pihak hadir dan mendukung pagelaran IFW ke-10 ini. Antusiasme juga terasa di media sosial IFW dengan begitu banyaknya permintaan dari masyarakat untuk dapat melihat produk-produk karya anak bangsa yang ditampilkan di pagelaran busana akbar IFW 2023," kata Poppy saat menutup gelaran IFW, Minggu 26 Februari 2023. 

Lewat eksplorasi Sulam Karawo, keenam perancang berharap tiap koleksinya dapat menginspirasi desainer-desainer muda, baik di Gorontalo maupun di Jakarta. Mereka berharap, bisa lebih mengembangkan kreativitas dalam berkreasi menggunakan kain khas Gorontalo dengan desain sesuai tren fashion terkini, dan teknik terbaik agar produknya dapat memiliki nilai pasar maksimal. 

Selain menampilkan koleksi kreasi Sulam Karawo dari lima perancang kenamaan dan pemenang juara pertama IYFDC, acara closing ceremony IFW 2023 turut dihadiri Penjabat Gubernur Provinsi Gorontalo, Hamka Hendra Noer dan Penjabat Ketua Dekranasda Provinsi Gorontalo Gamaria Purnamawati Monoarfa. 

Brand muslimah Mayra tampil di IFW

Photo :
  • Mayra

Acara penutupan IFW 2023 dimulai dengan sambutan Penjabat Gubernur dan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Cabang Gorontalo Dian Nugraha kemudian dilanjutkan dengan laporan kegiatan IFW 2023 perwakilan dari pendiri APPMI Musa Widyatmojo. 

"Dengan keberhasilan kolaborasi antara IFW dan Pemerintah Provinsi Gorontalo di tahun ini. Kami berharap agar dapat melakukan kerjasama dengan lebih banyak pemerintah daerah di kemudian hari, agar wastra nusantara dari beragam daerah dapat diangkat dan dipromosikan lebih jauh dan lebih baik lagi," tutup Poppy Dharsono.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya