Cerita Desainer Veska yang Memamerkan Karya di New York

Veska
Sumber :
  • dok pri

VIVA Lifestyle –  Parade Indonesian Heritage yang berlangsung dalam acara Parade Asia Amerika dan Kepulauan Pasifik (AAPI) di Manhattan, New York, akhir pekan lalu, sukses mencuri perhatian warga kota New York. Sebanyak 100 orang diaspora Indonesia berjalan memperagakan beragam pakaian tradisional dari berbagai daerah, mengelilingi Jalan Utama 6th Avenue, mulai dari 44th hingga 55th. 

Acara Met Gala Berlangsung, Pengunjuk Rasa Pro-Palestina Penuhi Jalanan New York

Salah satu yang menarik perhatian publik adalah desain pakaian yang dipakai oleh seorang model keturunan Indonesia yang berjalan di barisan depan. Amir Raffi Jones, sang model, memukau penonton dengan balutan beskap Jawa yang dirancang secara elegan, berbeda, dan memancarkan simbol-simbol kebebasan seni. Pakaian ini sangat sesuai dengan tren dan gaya hidup masyarakat New York yang dikenal modis dan trendi. Scroll lebih lanjut ya.

Reincarnation by Veska, merupakan sebuah pakaian pria yang dirancang khusus oleh desainer Indonesia asal New York, Veska Naratama. Veska, yang merupakan lulusan Fashion Institute of Technology (FIT) di New York, menggabungkan nilai-nilai tradisi dari pakaian pria Jawa abad ke-19 dengan sentuhan modern dalam mode dan subkultur musik rock era tahun delapan puluhan. 

Sekjen PBB Tidak Akan Toleransi Serangan Darat Israel di Rafah

"Saya terinspirasi oleh pakaian pria Jawa abad ke-19. Saya memadukan nilai-nilai tradisional tersebut dalam konteks modern yang diterjemahkan melalui lensa mode dan subkultur musik rock tahun delapan puluhan," kata Veska melalui keterangan tertulisnya. 

Kelompok Muslim AS Kecam Universitas di New York atas Penangkapan Mahasiswa Pro Palestina

Paduan antara motif dan desain klasik Jawa ini bereinkarnasi dalam gaya hidup budaya pop kota New York. Desain ini berhasil membangun nilai-nilai eksploratif seni kreatif yang menghadirkan imajinasi yang segar dan modern. 

"Saya menyukai musik rock dan pengaruh tersebut tercermin dalam desain-desain saya. Desain ini disesuaikan dengan gaya modern glam rock, mulai dari potongan trim, sarung, hingga beskap velvet, dengan sentuhan elemen-elemen khas Indonesia," kata Veska yang turut berpartisipasi dalam parade tersebut.

Veska

Photo :
  • 1486414

Sebagai desainer muda berusia 24 tahun, Veska telah menjelajahi industri mode di New York dengan berbagai prestasi. Ia telah berpartisipasi dalam acara New York Fashion Week (CFDA), terpampang di majalah-majalah mode ternama, serta mengikuti pameran mode di Metropolitan Museum of Art di New York. Saat ini, Veska menjadi desainer untuk merek pria terkemuka, Willy Chavarria, dan telah merancang pakaian untuk selebriti dan musisi ternama seperti Madonna, Billie Eilish, Lady Gaga, Hailey Bieber, dan beberapa band pop-rock New York.

Karya-karya Veska, yang pernah menerima beasiswa dari merek mode elit, Giorgio Armani, beberapa kali tampil di majalah mode ternama seperti Vogue, Hypebeast, dan GQ. Salah satu keunggulan desain Veska adalah kemampuannya dalam bercerita, yang tercermin dalam setiap karya desainnya, termasuk dalam Reincarnation by Veska. 

"Sebagai orang Indonesia yang besar di Amerika, dari Maryland hingga pindah ke New York, saya merasakan bahwa banyak orang tidak mengenal Indonesia. Kita tidak selalu dikenal, bahkan mereka tidak menyadari bahwa Indonesia merupakan salah satu negara di Asia," kata Veska. 

"Saya sangat bangga dapat mempersembahkan karya saya dalam parade ini dan dilihat oleh warga kota New York yang begitu beragam dan selalu mengikuti tren fashion," sambungnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya